Fenomena Kecanduan Game Online pada Siswa (Studi Kasus pada Siswa SMK Negeri 2 Jember)
View/ Open
Date
2014Author
Wulan Rama Dani, Riska
Sukidin
Ngesti S, Retna
Metadata
Show full item recordAbstract
Game online merupakan suatu permainan yang disukai para kalangan remaja saat ini dan salah satunya adalah
siswa SMK Negeri 2 Jember. Terdapat perbedaan sudut pandang jika dilihat dari fenomena kecanduan game online
yang terjadi pada siswa. Untuk mengantisipasi dan meminimalisir adanya dampak buruk yang akan terjadi bagi
para gamer maka diperlukan sebuah bimbingan dari sekolah dan terutama dari orang tua siswa itu sendiri .
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan cara
menelaah data, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, mengkategorisasi data, menentukan
keabsahan data, dan menafsirkan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif
akibat kecanduan game online terhadap pola perilaku akademis siswa dan hasil belajar siswa. Dampak positif dari
kecanduan game online yaitu semangat belajar meningkat, konsentrasi meningkat sehingga hasil belajar yang
diperoleh siswa juga meningkat. Dampak negatif dari kecanduan game online yaitu siswa menjadi malas belajar,
sulit konsentrasi, serta malas sekolah sehingga hasil belajar yang diperoleh menurun. Untuk mengurangi kecanduan
game online pada siswa, dibutuhkan bimbingan dari guru BK SMK Negeri 2 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]