dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah trust dan perceived risk dapat berperan sebagai variabel yang memediasi antara country of origin, familiarity, worldmindedness dengan keputusan pembelian obat hewan impor pada peternak layer di Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada tiga kabupaten sentra peternakan ayam layer yaitu Kabupaten Blitar, Kediri, dan Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik snowball sampling dengan respon rate sebesar 70%.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa trust merupakan variabel mediasi hubungan country of origin, familiarity, worldmindedness, dengan keputusan pembelian obat hewan impor. Trust mempunyai peranan yang besar dalam meningkatkan keyakinan peternak dalam membeli obat hewan impor. Perceived risk tidak memiliki peran dalam memediasi antara country of origin, familiarity, worldmindedness, dengan keputusan pembelian, akan tetapi perceived risk menjadi faktor penting yang dapat dipertimbangkan dalam keputusan pembelian pada saat melalui mediasi trust. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa trust merupakan variabel utama yang dapat membentuk keyakinan konsumen pada saat melakukan keputusan pembelian. Trust dan perceived risk merupakan dua variabel yang saling memiliki hubungan resiprokal untuk membangun keyakinan peternak dalam melakukan keputusan pembelian obat impor.
Orisinalitas dan kebaruan penelitian ini adalah peran mediasi trust dan perceived risk dalam keputusan pembelian obat hewan impor dalam ranah pemasaran business-to-business. Implikasi teoritis penelitian ini adalah memperluas kajian ilmu perilaku konsumen melalui peran mediasi trust dan perceived risk dalam meningkatkan keyakinan keputusan pembelian. Implikasi praktis hasil kajian ini adalah memberikan masukan bagi pemasar berkaitan pentingnya kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk sehingga pemasar/produsen obat hewan terutama produk obat lokal agar mampu meyakinkan peternak dengan membuat produk yang memiliki kestabilan dan konsistenan kualitas seperti obat impor.
Kata kunci: country of origin, familiarity, worldmindedness, trust, perceived risk, keputusan pembelian, obat hewan impor. | en_US |