• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Disertasi
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Disertasi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN MEDIASI TRUST DAN PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OBAT HEWAN IMPOR (Studi pada Peternak Ayam Layer di Jawa Timur)

    Thumbnail
    View/Open
    Ika_Barokah_disertasi doktor_boptn_147.pdf (53.15Kb)
    Date
    2015-02
    Author
    Ika Barokah Suryaningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah trust dan perceived risk dapat berperan sebagai variabel yang memediasi antara country of origin, familiarity, worldmindedness dengan keputusan pembelian obat hewan impor pada peternak layer di Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada tiga kabupaten sentra peternakan ayam layer yaitu Kabupaten Blitar, Kediri, dan Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik snowball sampling dengan respon rate sebesar 70%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa trust merupakan variabel mediasi hubungan country of origin, familiarity, worldmindedness, dengan keputusan pembelian obat hewan impor. Trust mempunyai peranan yang besar dalam meningkatkan keyakinan peternak dalam membeli obat hewan impor. Perceived risk tidak memiliki peran dalam memediasi antara country of origin, familiarity, worldmindedness, dengan keputusan pembelian, akan tetapi perceived risk menjadi faktor penting yang dapat dipertimbangkan dalam keputusan pembelian pada saat melalui mediasi trust. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa trust merupakan variabel utama yang dapat membentuk keyakinan konsumen pada saat melakukan keputusan pembelian. Trust dan perceived risk merupakan dua variabel yang saling memiliki hubungan resiprokal untuk membangun keyakinan peternak dalam melakukan keputusan pembelian obat impor. Orisinalitas dan kebaruan penelitian ini adalah peran mediasi trust dan perceived risk dalam keputusan pembelian obat hewan impor dalam ranah pemasaran business-to-business. Implikasi teoritis penelitian ini adalah memperluas kajian ilmu perilaku konsumen melalui peran mediasi trust dan perceived risk dalam meningkatkan keyakinan keputusan pembelian. Implikasi praktis hasil kajian ini adalah memberikan masukan bagi pemasar berkaitan pentingnya kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk sehingga pemasar/produsen obat hewan terutama produk obat lokal agar mampu meyakinkan peternak dengan membuat produk yang memiliki kestabilan dan konsistenan kualitas seperti obat impor. Kata kunci: country of origin, familiarity, worldmindedness, trust, perceived risk, keputusan pembelian, obat hewan impor.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62365
    Collections
    • LRR-Hibah Disertasi [25]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository