ANALISIS BUKU MATEMATIKA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 (KURIKULUM 2013) BERDASARKAN KRITERIA BELL
Abstract
Analisis Buku Matematika Untuk SMA/MA KelasX Semester 2 (Kurikulum
2013) Berdasarkan Kriteria Bell; Nafi’atur Rosyidah, 100210101016; 2015; 291
halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan
datang (UUR.I. No.2 tahun 1989, Bab I, Pasal 1 dalam Hamalik, 2003:2). Untuk
meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan mengupayakan
peningkatan aspek kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran. Oleh karena itu,
aspek pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting untuk diperbaiki.
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber
belajar. Sumber belajar yang digunakan sebagai bahan belajar adalah buku teks. Oleh
karena itu diharapkan buku teks yang akan digunakan dalam proses pembelajaran
berkualitas baik. Untuk mengetahui kualitas yang baik pada buku teks dapat
menggunakan kriteria Bell sebagai alat analisis karena Bell merumuskan empat
kriteria yang harus ada di dalam buku yang terdiri dari (1) kriteria yang berhubungan
dengan materi matematika, (2) kriteria yang berhubungan dengan metode
penyampaian materi, (3) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan (4)
kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru. Keempat kriteria ini
dianggap penting dan harus ada di dalam sebuah buku teks agar siswa dapat
memahami isi dari buku teks dengan baik. Berdasarkan pendapat tersebut analisis
buku teks matematika kurikulum 2013 dapat dilakukan dengan menggunakan
keempat kriteria Bell.
Pengambilan sampel buku pada penelitian ini adalah karena adanya keluhan
dari sebagian besar siswa di sekolah tertentu ketika mereka menggunakan buku teks
matematika kurikulum 2013 dari pemerintah. Sehingga dirasa perlu adanya buku teks
lain yang bisa digunakan untuk siswa yang dapat membantu mempermudah siswa
dalam memahami materi.
viii
Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap buku teks matematika
kurikulum 2013 terbitan Erlangga karya Sukino untuk SMA/MA kelas X semester 2.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan dianalisis
kesesuaian buku teks matematika berdasarkan kriteria Bell. Kriteria yang digunakan
adalah kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, metode penyampaian
materi, karakteristik fisik dan petunjuk untuk guru. Jadi, pendeskripsian pada
penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran atau penilaian secara
menyeluruh mengenai kesesuaian buku teks tersebut berdasarkan kriteria Bell. Waktu
penelitian mulai dari validasi instrumen dan analisis buku siswa dilakukan pada bulan
Juli hingga Desember 2014.
Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku, lembar
validasi bahasa instrumen analisis kesesuaian buku, serta lembar validasi isi
instrumen analisis kesesuaian buku. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode dokumentasi dan metode angket.Waktu penelitian mulai dari validasi
intrumen dan analisis buku siswa dilakukan pada bulan Juli hingga Desember 2014.
Hasil validasi bahasa pertanyaan instrumen penilaian buku siswa
mendapatkan nilai rata-rata untuk semua kriteria penilaian dari seluruh validator
sebesar 2,89, sedangkan untuk validasi isi mendapatkan nilai sebesar 3,33. Dari hasil
tersebut instrumen penilaian buku siswa dinyatakan sangat valid dan bisa digunakan
sebagai alat penilaian buku siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks yang berhubungan
dengan materi matematika sebesar 81% dengan kategori sangat baik, kesesuaian buku
teks yang berhubungan dengan metode penyampaian materi sebesar 57% dengan
kategori kurang, kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan karakteristik fisik
buku sebesar 95% dengan kategori sangat baik, dan kesesuaian dengan yang
berhubungan dengan petunjuk untuk guru sebesar 31% dengan kategori cukup.