• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BUKU MATEMATIKA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 (KURIKULUM 2013) BERDASARKAN KRITERIA BELL

    Thumbnail
    View/Open
    Nafi'atur Rosidah - 100210101016_1.pdf (774.6Kb)
    Date
    2015-04-17
    Author
    Nafi’atur Rosidah NIM 100210101016
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Buku Matematika Untuk SMA/MA KelasX Semester 2 (Kurikulum 2013) Berdasarkan Kriteria Bell; Nafi’atur Rosyidah, 100210101016; 2015; 291 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang (UUR.I. No.2 tahun 1989, Bab I, Pasal 1 dalam Hamalik, 2003:2). Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan mengupayakan peningkatan aspek kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran. Oleh karena itu, aspek pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting untuk diperbaiki. Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Sumber belajar yang digunakan sebagai bahan belajar adalah buku teks. Oleh karena itu diharapkan buku teks yang akan digunakan dalam proses pembelajaran berkualitas baik. Untuk mengetahui kualitas yang baik pada buku teks dapat menggunakan kriteria Bell sebagai alat analisis karena Bell merumuskan empat kriteria yang harus ada di dalam buku yang terdiri dari (1) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (2) kriteria yang berhubungan dengan metode penyampaian materi, (3) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan (4) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru. Keempat kriteria ini dianggap penting dan harus ada di dalam sebuah buku teks agar siswa dapat memahami isi dari buku teks dengan baik. Berdasarkan pendapat tersebut analisis buku teks matematika kurikulum 2013 dapat dilakukan dengan menggunakan keempat kriteria Bell. Pengambilan sampel buku pada penelitian ini adalah karena adanya keluhan dari sebagian besar siswa di sekolah tertentu ketika mereka menggunakan buku teks matematika kurikulum 2013 dari pemerintah. Sehingga dirasa perlu adanya buku teks lain yang bisa digunakan untuk siswa yang dapat membantu mempermudah siswa dalam memahami materi. viii Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap buku teks matematika kurikulum 2013 terbitan Erlangga karya Sukino untuk SMA/MA kelas X semester 2. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan dianalisis kesesuaian buku teks matematika berdasarkan kriteria Bell. Kriteria yang digunakan adalah kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, metode penyampaian materi, karakteristik fisik dan petunjuk untuk guru. Jadi, pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran atau penilaian secara menyeluruh mengenai kesesuaian buku teks tersebut berdasarkan kriteria Bell. Waktu penelitian mulai dari validasi instrumen dan analisis buku siswa dilakukan pada bulan Juli hingga Desember 2014. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku, lembar validasi bahasa instrumen analisis kesesuaian buku, serta lembar validasi isi instrumen analisis kesesuaian buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket.Waktu penelitian mulai dari validasi intrumen dan analisis buku siswa dilakukan pada bulan Juli hingga Desember 2014. Hasil validasi bahasa pertanyaan instrumen penilaian buku siswa mendapatkan nilai rata-rata untuk semua kriteria penilaian dari seluruh validator sebesar 2,89, sedangkan untuk validasi isi mendapatkan nilai sebesar 3,33. Dari hasil tersebut instrumen penilaian buku siswa dinyatakan sangat valid dan bisa digunakan sebagai alat penilaian buku siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan materi matematika sebesar 81% dengan kategori sangat baik, kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan metode penyampaian materi sebesar 57% dengan kategori kurang, kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan karakteristik fisik buku sebesar 95% dengan kategori sangat baik, dan kesesuaian dengan yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru sebesar 31% dengan kategori cukup.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62311
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository