• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA DI SMP NEGERI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ibnu Salam Al Bastomi - 100210101099_1.pdf (439.1Kb)
    Date
    2015-04-17
    Author
    IBNU SALAM AL BASTOMI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Matematika di SMP Negeri Kabupaten Jember; Ibnu Salam Al Bastomi, 100210101099; 2014; 365 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Sebagaimana diatur dalam PERMENDIKNAS No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang menegaskan bahwa setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional. Kualifikasi akademik pendidik adalah sarjana S1 atau Diploma empat dengan spesifikasi program akta IV. Sedangkan Kompetensi Guru secara umum, dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ditetapkan bahwa guru hanya memiliki empat kompetensi yaitu: 1) kompetensi pedagogik; 2) kompetensi kepribadian; 3) kompetensi profesional; 4) kompetensi sosial. Satori (2011:2.5-2.14) mengungkapkan bahwa kompetensi kepribadian adalah kompetensi yang berkaitan dengan prilaku pribadi guru itu sendiri yang kelak harus memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari, dan kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk memahami dirinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dan warga negara. Menurut Peraturan Pmerintah No. 74 Tahun 2008 tentang guru yang menjabarkan bahwa kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi belajar dan perkembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru matematika di SMP Negeri Kabupaten Jember. ix Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi penelitian ini adalah mengambil sampel sekolah di 5 wilayah Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Kabupaten Jember dengan menggunakan teknik cluster sampling untuk menentukan sekolah mana yang akan dijadikan sebagai tempat penelitian. Lokasi penelitian terdapat di lima SMP Negeri di Kabupaten Jember yang sudah mewakili setiap wilayah MKKS. Subjek penelitian adalah 10 guru matematika kelas 7 dan 8 di SMP Negeri Kabupaten Jember. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penilaian kompetensi pedagogik dan kompetensi profesinal guru matematika berpedoman pada Penilaian Kinarja Guru (PKG)yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK). Peneliti melakukan validasi pengembangan dan bahasa instrumen penilaian kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru matematika, serta validasi bahasa pedoman wawancara guru matematika, kepala sekolah/wakil kepala sekolah, guru penilai, dan peserta didik. Berdasarkan hasil validasi, diketahui bahwa hasil validasi pengembangan instrumen penilaian kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru matematika valid, jadi instrumen penilaian bisa digunakan untuk penelitian. Hasil validasi bahasa instrumen penilaian kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru matematika sangat valid, pedoman wawancara guru matematika sangat valid, pedoman wawancara kepala sekolah/wakil kepala sekolah sangat valid, pedoman wawancara guru penilai sangat valid, dan pedoman wawancara peserta didik sangat valid, jadi instrumen penilaian dan pedoman wawancara bisa digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hasil analisis kompetensi pedagogik guru matematika di SMP Negeri Kabupaten Jember, tingkat kompetensi pedagogik guru matematika adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari urutan pencapaian 7 sub kompetensi pedagogik, diketahui bahwa sub kompetensi 3 Pengembangan Kurikulum merupakan sub kompetensi tertinggi dengan persentase ketercapaian keseluruhan 86,17% masuk x kategori sangat baik, sedangkan sub kompetensi 2 Menguasai Teori Belajar dan Prinsipprinsip Pembelajaran yang Mendidik merupakan sub kompetensi terendah dengan persentase ketercapaian keseluruhan 73,84% masuk kategori baik. Meskipun demikian dari hasil penelitian diketahui bahwa masih perlu ada peningkatan dan pengembangan dalam beberapa hal, yaitu menentukan strategi, metode, dan model pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik, serta pemanfaatan media pembelajaran di kelas. Berdasarkan analisis kompetensi profesional guru matematika di SMP Negeri Kabupaten Jember, tingkat kompetensi profesional guru matematika adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari urutan pencapaian 2 sub kompetensi profesional, diketahui bahwa sub kompetensi 1 Penguasaan Materi, Struktur, Konsep, dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran yang Diampu merupakan sub kompetensi tertinggi dengan persentase ketercapaian keseluruhan 83,44% masuk kategori sangat baik, sedangkan sub kompetensi 2 Mengembangkan Keprofesian Melalui Tindakan Reflektif merupakan sub kompetensi terendah dengan persentase ketercapaian keseluruhan 70% masuk kategori baik. Meskipun demikian dari hasil penelitian diketahui bahwa masih perlu ada peningkatan dan pengembangan dalam beberapa hal, yaitu melakukan penelitian tindakan kelas, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62309
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository