Show simple item record

dc.contributor.authorWike Widya Listyaningtyas
dc.date.accessioned2015-04-17T11:57:31Z
dc.date.available2015-04-17T11:57:31Z
dc.date.issued2015-04-17
dc.identifier.nimNIM100210102112
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62304
dc.description.abstractHasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VII di MTsN Jember II pada bulan Januari 2014, peneliti memperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan dan menggunakan perangkat pembelajaran IPA yang akan digunakan di kelas dengan maksimal. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan khususnya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang dapat diambil untuk penelitian ini adalah validitas bahan ajar interaktif berbasis CAI, respon siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis CAI, hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis CAI. Sehingga penelitian ini dapat mencapai tujuannya yaitu menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis CAI yang valid, mendeskripsikan respon siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis CAI, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis CAI materi klasifikasi benda untuk pembelajaran IPA di MTsN Jember II. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Subjek penelitian dengan judul Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) adalah siswa kelas VII di MTsN II Jember dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling melalui analisis siswa. Pengambilan data diantaranya menggunakan Lembar validasi logic, lembar angket respon siswa digunakan untuk mengukur pendapat siswa terhadap ketertarikan, perasaan senang vii dan minat, pada penelitian ini menggunakan (kognitif) post-test, nilai afektif dan psikomotor yang diperoleh dari observasi pada saat proses pembelajaran dimana nilai ini akan di analisis untuk menghitung hasil belajar siswa. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan 4-D. Bahan ajar berbasis CAI ini dapat dikatakan valid dikarenakan nilai validitasnya ada pada rentang di antara 4 sampai dengan 5 sehingga bahan ajar berbasis CAI ini dapat dikatakan mampu mengukur apa yang harus diukur dan cukup layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data validasi logic, pakar memberikan penilaian rata-rata sebesar 4,105. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa bahan ajar dikategorikan valid. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis, nilai validitas logic bahan ajar IPA berbasis CAI menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis CAI tergolong ke dalam kategori bahan ajar yang valid. Hasil analisis nilai rata-rata setiap aspek res pon siswa didapatkan prosentase respon siswa 96,59% positif dan 3,41% negatif terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA berbasis CAI. Prosentase respon siswa positif sebesar 96,59% dapat diartikan bahwa respon siswa terhadap bahan ajar IPA berbasis CAI ini sangat baik (positif). Hal ini didukung dengan teori yang ada menyatakan bahwa siswa merespon positif jika besarnya percentage of agreement ≥ 50%. Analisis nilai hasil belajar siswa kelas VII G didapatkan sebesar 76,5 dengan kriteria tinggi dimana jika 75 ≤HB<90. Hal ini menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas VII G setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA berbasis CAI mencapai ketuntasan classical. Dari ketiga aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa; 1) Bahan Ajar IPA berbasis CAI yang dikembangkan dikategorikan valid secara Logic; 2) Bahan Ajar IPA berbasis CAI yang dikembangkan ini telah mengukur respon siswa dan dikategorikan respon siswa positif; 3) Bahan Ajar IPA berbasis CAI yang dikembangkan ini telah diuji hasil belajar siswa dan dinyatakan kategori tinggi digunakan dalam proses belajar IPA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210102112;
dc.subjectPengembangan Bahan Ajar Pembelajaran IPA Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Benda Di MTsen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPA BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI BENDA DI MTsen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record