• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPA BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI BENDA DI MTs

    Thumbnail
    View/Open
    Wike Widya Listyaningtyas - 100210102112_1.pdf (1.607Mb)
    Date
    2015-04-17
    Author
    Wike Widya Listyaningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VII di MTsN Jember II pada bulan Januari 2014, peneliti memperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan dan menggunakan perangkat pembelajaran IPA yang akan digunakan di kelas dengan maksimal. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan khususnya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang dapat diambil untuk penelitian ini adalah validitas bahan ajar interaktif berbasis CAI, respon siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis CAI, hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis CAI. Sehingga penelitian ini dapat mencapai tujuannya yaitu menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis CAI yang valid, mendeskripsikan respon siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis CAI, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis CAI materi klasifikasi benda untuk pembelajaran IPA di MTsN Jember II. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Subjek penelitian dengan judul Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) adalah siswa kelas VII di MTsN II Jember dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling melalui analisis siswa. Pengambilan data diantaranya menggunakan Lembar validasi logic, lembar angket respon siswa digunakan untuk mengukur pendapat siswa terhadap ketertarikan, perasaan senang vii dan minat, pada penelitian ini menggunakan (kognitif) post-test, nilai afektif dan psikomotor yang diperoleh dari observasi pada saat proses pembelajaran dimana nilai ini akan di analisis untuk menghitung hasil belajar siswa. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan 4-D. Bahan ajar berbasis CAI ini dapat dikatakan valid dikarenakan nilai validitasnya ada pada rentang di antara 4 sampai dengan 5 sehingga bahan ajar berbasis CAI ini dapat dikatakan mampu mengukur apa yang harus diukur dan cukup layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data validasi logic, pakar memberikan penilaian rata-rata sebesar 4,105. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa bahan ajar dikategorikan valid. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis, nilai validitas logic bahan ajar IPA berbasis CAI menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis CAI tergolong ke dalam kategori bahan ajar yang valid. Hasil analisis nilai rata-rata setiap aspek res pon siswa didapatkan prosentase respon siswa 96,59% positif dan 3,41% negatif terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA berbasis CAI. Prosentase respon siswa positif sebesar 96,59% dapat diartikan bahwa respon siswa terhadap bahan ajar IPA berbasis CAI ini sangat baik (positif). Hal ini didukung dengan teori yang ada menyatakan bahwa siswa merespon positif jika besarnya percentage of agreement ≥ 50%. Analisis nilai hasil belajar siswa kelas VII G didapatkan sebesar 76,5 dengan kriteria tinggi dimana jika 75 ≤HB<90. Hal ini menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas VII G setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA berbasis CAI mencapai ketuntasan classical. Dari ketiga aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa; 1) Bahan Ajar IPA berbasis CAI yang dikembangkan dikategorikan valid secara Logic; 2) Bahan Ajar IPA berbasis CAI yang dikembangkan ini telah mengukur respon siswa dan dikategorikan respon siswa positif; 3) Bahan Ajar IPA berbasis CAI yang dikembangkan ini telah diuji hasil belajar siswa dan dinyatakan kategori tinggi digunakan dalam proses belajar IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62304
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository