Show simple item record

dc.contributor.authorDIAH TRI WAHYUNI NIM. 070210102098
dc.date.accessioned2015-04-17T11:22:23Z
dc.date.available2015-04-17T11:22:23Z
dc.date.issued2015-04-17
dc.identifier.nimNIM070210102098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62296
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari IPA atau sains yang menerangkan fenomena dan kejadian alam, serta berusaha memecahkan persoalannya melalui pengalaman dan gambaran pikiran manusia. Hakikat belajar fisika pada kurikulum 2013 lebih ditekankan untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Dengan kurikulum baru ini, guru akan mengajar dengan siswa yang lebih aktif, siswa lebih “mencari tahu”, dari berbagai sumber pengahuan. Inilah hakikat pendekatan pembelajaran saintifik, yang menjadi inti pembelajaran versi Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran fisika secara khusus. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai dengan hakikat fisika ialah strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian mengenai penerapan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide dalam pembelajaran fisika di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan tingkat keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide dalam pembelajaran fisika di SMA, dan (2) Mengkaji pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan deskriptif, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penentuan sampel penelitian vii menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 meggunakan analisis deskriptif dan hipotesis penelitian 2 adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 17. Hasil analisis deskriptif untuk menguji hipotesis penelitian 1, yaitu tingkat keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide tergolong dalam kategori baik, diperoleh hasil keterampilan proses sains siswa dengan persentase skor rata-rata tertinggi terletak pada 4 indikator yaitu membuat tabel, mengumpulkan dan mengolah data, merangkai alat percobaan, dan menggunakan alat dan mengukur, yang memperoleh skor 100 %, Sedangkan persentase skor rata-rata terendah diperoleh pada indikator menjawab pertanyaan yaitu 21,29 %. Jika dikonsultasikan pada katagori tingkat keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide dapat dikatakan bahwa keterampilan proses sains siswa berada dalam kategori baik karena berada pada rentang 75% sampai dengan 100 %. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh nilai Sig. sebesar 0,017. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga p-value sebesar 0,009. Karena Sig. (1-tailed) = 0.009 lebih kecil dari α = 0,05, maka sesuai kriteria pengujian pada bab 3, ditetapkan H a diterima dan H 0 ditolak, artinya rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide dalam pembelajaran fisika di SMA dengan pokok bahasan gerak melingkar beraturan termasuk dalam kategori baik., dan (2) Strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran fisika di SMAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102098;
dc.subjectPENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PREDICTION GUIDE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PREDICTION GUIDE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record