Show simple item record

dc.contributor.authorCynthia Novarinda
dc.date.accessioned2015-04-17T11:19:33Z
dc.date.available2015-04-17T11:19:33Z
dc.date.issued2015-04-17
dc.identifier.nimNIM090210102068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62295
dc.description.abstractPerkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi yang canggih, menuntut adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Peningkatan kualitas pembelajaran, dapat dilakukan dengan memperbaiki proses belajar mengajar melalui penggunaan pendekatan, model, metode, atau media pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA terdapat kegiatan penguasaan pada peserta didik atau siswa melalui interaksi pengajaran atau proses belajar mengajar. Siswa dituntut untuk berperan aktif secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Pada kenyataannya pembelajaran di sekolah siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan belajar. Hal tersebut dapat menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah dan memprihatinkan. Oleh karena itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-idenya. Salah satu model yang mendukung adalah model pembelajaran koopertif STAD disertai metode eksperimen. Model pembelajaran kooperatif STAD disertai metode eksperimen merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang mengacu pada siswa berperan aktif dalam proses belajar dalam penyampaian materinya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD disertai metode eksperimen dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran biasa digunakan guru di SMP. (2) mengetahui aktivitas belajar IPA siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD disertai metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini vii dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control-group post test only design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan pertama adalah dengan menggunakan uji t yaitu menggunakan independent sample t test. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan kedua yaitu dengan tabel aktivitas belajar siswa. Dari analisis data hasil penelitian dengan menggunakan Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian pertama diperoleh hasil nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal tersebut sesuai dengan teori pada tinjauan pustaka dan penelitian sebelumya bahwa penggunaan model STAD dapat memberikan pemahaman konsep materi dan menguasai materi yang diajarkan. Hasil analisis aktivitas belajar siswa diperolah data aktivitas belajar siswa pada petemuan pertama sebesar 81,82% dan pertemuan kedua sebesar 89,28%, hal tersebut tergolong sangat aktif karena lebih dari 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif (Student Teams Achievement Division) STAD disertai metode eksperimen pada pembelajaran IPA dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dan (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD disertai metode eksperimen berada dalam katagori sangat aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102068;
dc.subjectPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record