• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Cynthia Novarinda - 090210102068_1.pdf (257.2Kb)
    Date
    2015-04-17
    Author
    Cynthia Novarinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi yang canggih, menuntut adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Peningkatan kualitas pembelajaran, dapat dilakukan dengan memperbaiki proses belajar mengajar melalui penggunaan pendekatan, model, metode, atau media pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA terdapat kegiatan penguasaan pada peserta didik atau siswa melalui interaksi pengajaran atau proses belajar mengajar. Siswa dituntut untuk berperan aktif secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Pada kenyataannya pembelajaran di sekolah siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan belajar. Hal tersebut dapat menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah dan memprihatinkan. Oleh karena itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-idenya. Salah satu model yang mendukung adalah model pembelajaran koopertif STAD disertai metode eksperimen. Model pembelajaran kooperatif STAD disertai metode eksperimen merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang mengacu pada siswa berperan aktif dalam proses belajar dalam penyampaian materinya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD disertai metode eksperimen dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran biasa digunakan guru di SMP. (2) mengetahui aktivitas belajar IPA siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD disertai metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini vii dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control-group post test only design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan pertama adalah dengan menggunakan uji t yaitu menggunakan independent sample t test. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan kedua yaitu dengan tabel aktivitas belajar siswa. Dari analisis data hasil penelitian dengan menggunakan Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian pertama diperoleh hasil nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal tersebut sesuai dengan teori pada tinjauan pustaka dan penelitian sebelumya bahwa penggunaan model STAD dapat memberikan pemahaman konsep materi dan menguasai materi yang diajarkan. Hasil analisis aktivitas belajar siswa diperolah data aktivitas belajar siswa pada petemuan pertama sebesar 81,82% dan pertemuan kedua sebesar 89,28%, hal tersebut tergolong sangat aktif karena lebih dari 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif (Student Teams Achievement Division) STAD disertai metode eksperimen pada pembelajaran IPA dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dan (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD disertai metode eksperimen berada dalam katagori sangat aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62295
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository