Show simple item record

dc.contributor.authorInsan Solihin
dc.date.accessioned2015-04-14T08:14:22Z
dc.date.available2015-04-14T08:14:22Z
dc.date.issued2015-04-14
dc.identifier.nimNIM080210302003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62274
dc.description.abstractPembelajaran sejarah merupakan pembelajaran yang sangat penting dan mempelajari sejarah akan memperoleh empat kegunaan yaitu guna rekreatif, guna inspiratif, guna instruktif dan guna edukatif. Penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 Pro dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan daya tarik peserta didik dalam pembelajaran hal ini sangat memungkinkan karena media pembelajaran Macromedia Flash 8 Pro adalah adalah software untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di internet. Penerapan media Macromedia Flash 8 Pro dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan daya tarik peserta didik dalam proses pembelajaran diharapkan juga dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik, dimana terjadi juga peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik tersebut. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan media pembelajaran dengan Macromedia Flash 8 Pro dapat meningkatkan daya tarik pembelajaran sejarah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Jember; (2) Apakah penerapan media pembelajaran dengan Macromedia Flash 8 Pro dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan daya tarik pembelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Jember melalui penerapan media Macromedia Flash 8 Pro; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Jember melalui penerapan media Macromedia Flash 8 Pro. viii Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa 32 orang. Desain penelitian ini menggunakan model model Kemmis & Taggart yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Dalam memperoleh data dalam penelitian digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I daya tarik sangat baik siswa sebesar 20 %. Pada siklus II sebesar 30 %. Pada siklus III sebesar 43,33 %. Pada peningkatan hasil belajar siklus I peningkatan aspek psikomotik sebesar 56,29 %, aspek kognitif sebesar 63,33 %, dan afektif sebesar 64,81%. Pada siklus II peningkatan aspek psikomotorik sebesar 70,37 %, aspek kognitif sebesar 70 %, dan afektif sebesar 71,11% . Pada siklus III peningkatan aspek psikomotorik sebesar 75,18%, aspek kognitif sebesar 88,57% dan aspek afektif sebesar 77,03%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan daya tarik siswa melalui penerapan media pembelajaran Macromedia Flash 8 Pro di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Jember; (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran Macromedia Flash 8 Pro di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Jember yaitu pada siklus I, II, III.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210302003;
dc.subjectPenerapan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Macromedia Flash 8 Pro untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2013/2014en_US
dc.titlePENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 PRO UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record