PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 PRO UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran yang sangat penting dan
mempelajari sejarah akan memperoleh empat kegunaan yaitu guna rekreatif, guna
inspiratif, guna instruktif dan guna edukatif. Penggunaan media pembelajaran
Macromedia Flash 8 Pro dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan daya
tarik peserta didik dalam pembelajaran hal ini sangat memungkinkan karena media
pembelajaran Macromedia Flash 8 Pro adalah adalah software untuk membuat
animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di internet. Penerapan
media Macromedia Flash 8 Pro dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan daya
tarik peserta didik dalam proses pembelajaran diharapkan juga dapat berdampak pada
hasil belajar peserta didik, dimana terjadi juga peningkatan ketuntasan hasil belajar
peserta didik tersebut.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan media
pembelajaran dengan Macromedia Flash 8 Pro dapat meningkatkan daya tarik
pembelajaran sejarah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Jember; (2) Apakah
penerapan media pembelajaran dengan Macromedia Flash 8 Pro dapat meningkatkan
hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan daya tarik
pembelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Jember
melalui penerapan media Macromedia Flash 8 Pro; (2) Untuk meningkatkan hasil
belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Jember melalui
penerapan media Macromedia Flash 8 Pro.
viii
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas XI IPA 3 dengan jumlah
siswa 32 orang. Desain penelitian ini menggunakan model model Kemmis & Taggart
yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Dalam
memperoleh data dalam penelitian digunakan metode observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan
siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I daya tarik sangat baik
siswa sebesar 20 %. Pada siklus II sebesar 30 %. Pada siklus III sebesar 43,33 %.
Pada peningkatan hasil belajar siklus I peningkatan aspek psikomotik sebesar 56,29
%, aspek kognitif sebesar 63,33 %, dan afektif sebesar 64,81%. Pada siklus II
peningkatan aspek psikomotorik sebesar 70,37 %, aspek kognitif sebesar 70 %, dan
afektif sebesar 71,11% . Pada siklus III peningkatan aspek psikomotorik sebesar
75,18%, aspek kognitif sebesar 88,57% dan aspek afektif sebesar 77,03%.
Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan daya tarik siswa melalui
penerapan media pembelajaran Macromedia Flash 8 Pro di kelas XI IPA 3 SMA
Negeri 3 Jember; (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan
media pembelajaran Macromedia Flash 8 Pro di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3
Jember yaitu pada siklus I, II, III.