• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TANPA TEKS UNTUK MATERI MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMK

    Thumbnail
    View/Open
    Radiyan Magandy - 100210402018_1.pdf (79.59Kb)
    Date
    2015-04-09
    Author
    Radiyan Magandy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis cerita pendek merupakan salah satu materi yang diajarkan pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Selama ini pembelajaran menulis cerita pendek tidaklah mudah dilakukan siswa. Siswa kebingungan dalam menuangkan ide dan gagasannya kedalam bentuk tulisan. Sebagai solusi, diperlukan sebuah media pembelajaran untuk membantu siswa dalam menulis cerita pendek. Salah satu bentuk media yang dapat digunakan adalah komik tanpa teks. Penggunaan komik tanpa teks dapat memperbaiki pola berfikir siswa menjadi kreatif dan juga membangun pembendaharaan kata. Di samping itu, siswa akan memikirkan bagaimana penggunaan kata, kalimat, unsur yang terdapat dalam cerita pendek dan menyusun cerita secara runtut. Kajian pada penelitian ini terdiri atas dua rumusan masalah, yaitu mengenai 1) Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ix pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi. Langkah-langkah tersebut yaitu: Sebelum media komik tanpa teks diujicobakan, dilakukan validasi sebanyak dua kali. Validasi pertama mendapat nilai 4,2 dengan kategori sangat baik dan dengan revisi dari validator. Pada validasi kedua mendapat nilai 4,4 dengan kategori sangat baik dan tidak ada revisi. Setelah media dinyatakan valid oleh validator, media diujicobakan pada siswa. Siswa diminta mengisi angket keterpahaman siswa dan angket respon siswa. Dari angket tersebut rata-rata siswa tidak mengalami kendala dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media komik tanpa teks. Siswa juga merasa terbantu dengan adanya media tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diberikan saran sebagai berikut: 1)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62259
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository