Show simple item record

dc.contributor.authorRizka Novi Irmaningrum
dc.date.accessioned2015-04-09T11:26:07Z
dc.date.available2015-04-09T11:26:07Z
dc.date.issued2015-04-09
dc.identifier.nimNIM110210204022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62251
dc.description.abstractKemajuan suatu bangsa dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik diperkaya dengan berbagai metode-metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran adalah metode role playing. Metode role playing (bermain peran) sebagai suatu metode pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri (jati diri) di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode role playing tema berbagai pekerjaan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Dabasah 3 Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Non Eqiuvalent Control Group ini dilaksanakan di kelas IV SDN Dabasah 3 Bondowoso. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 88 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas IVA, 28 siswa kelas IVB, dan 30 siswa kelas IVC. Hasil uji homogenitas, kelas yang digunakan sebagai subjek penelitian adalah 28 siswa kelas IVB dan 30 siswa kelas IVC. Hasil perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS mendapatkan harga , selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga diketahui dan pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai = 2,003. Berdasarkan nilai = 2,003 dan nilai viii 332 maka < yaitu 0,332 < , dengan demikian tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IVB dan IVC, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random atau acak, sehingga diperoleh kelas IVB sebagai kelas kontrol dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t secara manual maupun menggunakan program SPSS diperoleh dengan db = 58, pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh , harga ini kemudian dikonsultasikan dengan ix . Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh > yaitu > 2,003, dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima, jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas IV SD saat menggunakan metode role playing dibandingkan dengan tidak menggunakan metode role playing. Saran bagi guru, dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu metode mengajar yang melibatkan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bagi peneliti, dapat memperoleh wawasan dan pengalaman dalam merumuskan masalah sampai melakukan penelitian sehingga dapat mengetahui proses penelitian yang benar dan baik. Bagi pihak sekolah, dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Dabasah 3 bondowoso. Bagi peneliti lain, dapat digunakan sebagai bahan masukan dan acuan untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries110210204022;
dc.subjectPengaruh Penerapan Metode Role Playing Tema Berbagai Pekerjaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Dabasah 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TEMA BERBAGAI PEKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN DABASAH 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record