PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TEMA BERBAGAI PEKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN DABASAH 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Kemajuan suatu bangsa dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik.
Pendidikan yang baik diperkaya dengan berbagai metode-metode pembelajaran.
Salah satu metode pembelajaran adalah metode role playing. Metode role playing
(bermain peran) sebagai suatu metode pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa
menemukan makna diri (jati diri) di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan
bantuan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh penerapan metode role playing tema berbagai pekerjaan terhadap hasil
belajar siswa kelas IV di SDN Dabasah 3 Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Non Eqiuvalent Control
Group ini dilaksanakan di kelas IV SDN Dabasah 3 Bondowoso. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 88 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas
IVA, 28 siswa kelas IVB, dan 30 siswa kelas IVC. Hasil uji homogenitas, kelas yang
digunakan sebagai subjek penelitian adalah 28 siswa kelas IVB dan 30 siswa kelas
IVC. Hasil perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS mendapatkan harga
, selanjutnya harga
dikonsultasikan dengan harga
diketahui
dan
pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai
= 2,003.
Berdasarkan nilai
= 2,003 dan nilai
viii
332 maka
<
yaitu 0,332 <
, dengan demikian tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IVB
dan IVC, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan
perlakuan adalah homogen. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan
dengan cara random atau acak, sehingga diperoleh kelas IVB sebagai kelas kontrol
dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah wawancara dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil perhitungan
dengan rumus uji-t secara manual maupun menggunakan program SPSS diperoleh
dengan db = 58,
pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh
, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan
ix
. Berdasarkan
analisis tersebut, diperoleh
>
yaitu > 2,003, dengan demikian
hipotesis nihil (
) ditolak dan hipotesis alternatif (
) diterima, jadi terdapat
pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas IV SD saat menggunakan
metode role playing dibandingkan dengan tidak menggunakan metode role playing.
Saran bagi guru, dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu
metode mengajar yang melibatkan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bagi
peneliti, dapat memperoleh wawasan dan pengalaman dalam merumuskan masalah
sampai melakukan penelitian sehingga dapat mengetahui proses penelitian yang benar
dan baik. Bagi pihak sekolah, dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan dapat
dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN
Dabasah 3 bondowoso. Bagi peneliti lain, dapat digunakan sebagai bahan masukan
dan acuan untuk penelitian lebih lanjut.