Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Purnama Sari
dc.date.accessioned2015-04-09T11:17:10Z
dc.date.available2015-04-09T11:17:10Z
dc.date.issued2015-04-09
dc.identifier.nimNIM110210204007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62248
dc.description.abstractBerdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah mempunyai peranan penting baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki 4 keterampilan dasar dalam pembelajarannya, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam pelajaran bahasa Indonesia yaitu keterampilan menulis. Pembelajaran pada aspek menulis di antaranya bermanfaat untuk melatih keterampilan siswa dalam menuangkan ide gagasan, atau pokok pikiran kepada orang lain yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek menulis kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember disebabkan oleh guru lebih sering menjelaskan dengan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa bosan dan malas untuk menulis. Dari hal tersebut, hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk itu pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis di kelas III perlu adanya media demi membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memilih media puzzle untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan harapan agar siswa aktif dan tertarik pada pembelajaran menulis paragraf, serta suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Media puzzle merupakan salah satu alternatif media untuk melatih keterampilan menulis, karena media puzzle adalah media yang bersifat sederhana, mudah dibuat dan digunakan serta dapat menarik perhatian siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan dan peningkatan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember. Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media puzzle dan meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan skema model Hopkins meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 32 anak, terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember, dimulai pada tanggal 29 November 2014 sampai tanggal 06 Desember 2014. Hasil dari analisis perkembangan menulis paragraf setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember yaitu rata-rata pada prasiklus sebesar 46,7% dan pada siklus I meningkat sebesar 18,8% sehingga menjadi 65,7%. Pada siklus II terjadi peningkatan 18,7% dari siklus I, sehingga menjadi 84,3%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggynaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember dari siklus I ke siklus II, serta dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saran dari penelitian ini adalah media puzzle dapat dijadikan sebagai media alternatif pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di sekolah, serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan penelitian yang sejenis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries110210204007;
dc.subjectMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III SDN GRENDEN 02 PUGER JEMBERen_US
dc.titleMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III SDN GRENDEN 02 PUGER JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record