• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III SDN GRENDEN 02 PUGER JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Purnama Sari - 110210204007_1.pdf (355.2Kb)
    Date
    2015-04-09
    Author
    Dwi Purnama Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah mempunyai peranan penting baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki 4 keterampilan dasar dalam pembelajarannya, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam pelajaran bahasa Indonesia yaitu keterampilan menulis. Pembelajaran pada aspek menulis di antaranya bermanfaat untuk melatih keterampilan siswa dalam menuangkan ide gagasan, atau pokok pikiran kepada orang lain yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek menulis kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember disebabkan oleh guru lebih sering menjelaskan dengan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa bosan dan malas untuk menulis. Dari hal tersebut, hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk itu pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis di kelas III perlu adanya media demi membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memilih media puzzle untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan harapan agar siswa aktif dan tertarik pada pembelajaran menulis paragraf, serta suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Media puzzle merupakan salah satu alternatif media untuk melatih keterampilan menulis, karena media puzzle adalah media yang bersifat sederhana, mudah dibuat dan digunakan serta dapat menarik perhatian siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan dan peningkatan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember. Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media puzzle dan meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan skema model Hopkins meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 32 anak, terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember, dimulai pada tanggal 29 November 2014 sampai tanggal 06 Desember 2014. Hasil dari analisis perkembangan menulis paragraf setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember yaitu rata-rata pada prasiklus sebesar 46,7% dan pada siklus I meningkat sebesar 18,8% sehingga menjadi 65,7%. Pada siklus II terjadi peningkatan 18,7% dari siklus I, sehingga menjadi 84,3%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggynaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar menulis paragraf pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember dari siklus I ke siklus II, serta dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saran dari penelitian ini adalah media puzzle dapat dijadikan sebagai media alternatif pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di sekolah, serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62248
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository