PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK SERTA CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER DALAM MEMBELI TAS PRODUK SOPHIE MARTIN
Abstract
Persaingan yang semakin ketat saat ini perusahaan dituntut untuk
menawarkan produk yang berkualitas dan yang mampu mempunyai nilai jual
lebih, sehingga berbeda dengan produk pesaing, kualitas produk yang menjadi
salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk. Harga yang
terjangkau dan kualitas yang baik merupakan salah satu faktor yang menjadi
pertimbangan saat konsumen melakukan pembelian produk. Kualitas produk
ditentukan oleh daya tahan, fungsi dan kegunaanya, dengan adanya kualitas
produk yang baik dan terpercaya maka konsumen akan selalu mengingat produk
tersebut. Penilaian terhadap kualitas suatu produk dapat dilakukan setelah
konsumen membeli, menggunakan atau mendapat rekomendasi dari orang
terdekat tentang produk tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan sebagai faktor
penunjang keberhasilan penjualan produk ialah harga, kualitas, dan citra merek.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas
produk serta citra merek terhadap keputusan mahasiswa fakultas ekonomi
Universitas Jember dalam membeli tas produk Sophie Martin.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi Universitas
Jember. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling
dengan jumlah responden 104 orang. Variabel yang dianalisis yaitu sebanyak 2
variabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda
dengan pendekatan confirmatory.Hasil penelitian menunjukan bahwa : harga
produk, kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap
keputusan mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Jember dalam membeli
produk tas Sophie Martin. Sehingga perusahaan Sophie Martin diharapkan lebih
mengevaluasi dan menyesuaikan harga yang ditawarkan supaya pelanggan dapat
lebih tertarik dalam membeli varian produk tas baru Sophie Martin,
mengembangkan adanya varian produk dengan desain yang menarik, maka
diharapkan hal tersebut akan menjawab kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan
dapat membentuk citra merek yang melekat pada benak pelanggannya, sehingga
diharapkan pelanggan tetap memiliki keyakinan bahwa tas Sophie Martin adalah
yang terbaik.
Collections
- MT-Science of Economic [204]