KOMPARASI MODEL PENGARUH ELEMEN GREEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HIJAU DAN KONVENSIONAL PRODUK ULTRA MILK DI KOTA JEMBER
Abstract
Salah satu cara mendapatkan pelanggan adalah dengan memuaskan
kebutuhan konsumen dari waktu ke waktu. Namun disisi lain, pemenuhan
kebutuhan dan keinginan manusia memiliki potensi untuk menimbulkan dampak
negatif pada lingkungan alam. Green marketing dalam suatu perusahaan berarti
memasukkan pertimbangan lingkungan dalam semua dimensi aktivitas pemasaran
yang dilakukan perusahaan. Green marketing memanipulasi empat elemen dari
bauran pemasaran (product, price, place, promotion). Green marketing
merupakan semua aktivitas yang direncanakan untuk menciptakan dan
memfasilitasi semua interaksi yang diniatkan untuk memuaskan kebutuhan atau
keinginan manusia, baik kepuasan konsumen hijau maupun kepuasan konsumen
konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh elemen green marketing
mix terhadap kepuasan konsumen hijau dan konsumen konvensional produk
ultramilk di kota Jember, serta untuk membandingkan model pengaruh elemen
green marketing mix terhadap kepuasan konsumen hijau dan konvensional produk
ultra milk di kota Jember.
Penelitian ini dilakukan pada konsumen hijau dan konvensional produk
ultramilk di kota Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan sekunder. Data primer yang mana diperoleh langsung dari responden
melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan data sekunder data yang didapat secara
tidak langsung dari sumber informasi yang bukan diusahakan sendiri oleh peneliti.
Jumlah sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 204 responden yang
diperoleh dari jumlah seluruh variabel indikator yang ditetapkan dalam penelitian
dikalikan dengan 6, dimana jumlah sampel tersebut akan dibagi menjadi 2, yaitu
102 responden pada konsumen hijau dan 102 responden pada konsumen
konvensional. Jumlah sampel tersebut dialokasikan secara disproporsional karena
jumlah populasinya tidak diketahui secara pasti. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah cluster purposive sampling yang mana penentuan
sampel ini berdasarkan kelompok dan dengan pertimbangan tertentu. Metode
analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda dengan pendekatan
konfirmatori menggunakan paket software AMOS 5.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen green marketing mix (green
product, green price, green place, green promotion) berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen hijau produk ultramilk di kota Jember. Sedangkan
green product dan green promotion tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen konvensional produk ultramilk di kota Jember, serta green
price dan green place berpengaruh signifikan terhadap konsumen konvensional
produk ultramilk di kota Jember. Sehingga terdapat perbedaan model pengaruh
vii
elemen green marketing mix terhadap kepuasan konsumen hijau dan
konvensional.