Show simple item record

dc.contributor.authorEsty Dyah Nuraini
dc.date.accessioned2015-04-02T06:03:53Z
dc.date.available2015-04-02T06:03:53Z
dc.date.issued2015-04-02
dc.identifier.nimNIM110810201293
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62138
dc.description.abstractKeberadaan Koperasi wanita sangat menarik untuk dilihat karena terdapat beberapa Koperasi wanita yang cukup berkembang, sehingga mengakibatkan pelayanan terhadap pengguna jasa dalam melakukan transaksi simpan pinjam atau pengajuan kredit lainnya sangat menentukan kemajuan koperasi tersebut, sehingga volume simpan pinjam yang ditawarkan semakin meningkat. Dengan tercapainya tujuan tersebut diharapkan koperasi memperoleh tingkat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang maksimal, sehingga kesejahteraan anggota dan kelangsungan hidup koperasi akan dapat dipertahankan. Salah satu faktor terpenting dalam usaha koperasi adalah kemampuan dalam melayani keinginan dan kebutuhan anggota pada saat mereka menggunakan jasa koperasi tersebut. Dengan kata lain pelayanan merupakan faktor yang terpenting dari usaha koperasi karena berhubungan langsung dengan kepuasan pengguna jasa. Sedangkan puas atau tidaknya anggota tentunya sangat berpengaruh pada jumlah Sisa Hasil Usaha (SHU) yang akan diterima koperasi tersebut. Untuk membuat anggotanya puas, banyak koperasi yang berusaha untuk meningkatkan fasilitas yang telah mereka miliki bahkan ada yang menambah dengan fasilitas yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami persepsi tentang kualitas layanan pada anggota Koperasi Wanita Sumber Rasa Desa Rowotengah di Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat sesuai dengan realitas yang ada. Penelitian ini ditandai oleh kenyataan bahwa peneliti bekerja berdasarkan pertanyaan terbuka. Selama penelitian ini berlangsung, pertanyaan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan peneliti. Peneliti memerlukan beberapa saat yang tepat sebelum penafsiran dari pertanyaan yang dirumuskan, agar batas-batas dan maknanya menjadi jelas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang merupakan proses penggambaran atau pemotretan kondisi penelitian. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi empat tahap yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil wawancara yang dilakukan dengan 11 informan dalam penelitian ini adalah bahwa persepsi anggota terhadap kualitas layanan pada Koperasi Wanita Sumber Rasa di Desa Rowotengah sudah baik. Rata-rata informan menyatakan bahwa ketertarikan menjadi anggota Koperasi Wanita adalah untuk memperoleh modal dengan syarat yang mudah. Jasa yang diberikan Koperasi Wanita Sumber Rasa dapat membantu memenuhi kebutuhan para anggotanya, dan kualitas layanannya sudah baik sesuai yang diharapkan anggota. Layanannya berdampak positif bagi anggota karena semua yang dibutuhkan anggota bisa terpenuhi. vii vi Berdasarkan hasil wawancara, maka dapat disimpulkan persepsi anggota terhadap kualitas layanan yang diberikan Koperasi Wanita Sumber Rasa sesuai yang diharapkan anggotanya meliputi kecepatan waktu yang dirasakan anggota pada saat administrasi peminjaman dana, ketepatan waktu dalam pemenuhan kebutuhan modal selalu ada dan pasti diusahakan dan pengembalian pinjaman dilakukan dengan teliti sesuai waktu yang diharapkan, keramahan pengurus dalam melayani anggota juga sudah baik, dilihat dari merespon anggota pada saat administrasi dan mengajukan pinjaman. Selain itu, kenyamanan anggota mengenai plafon pinjaman dan suku bunga yang ditetapkan dirasakan nyaman, tidak begitu membebani.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries. 110810201293;
dc.subjectPersepsi Tentang Kualitas Layanan pada Anggota Koperasi Wanita Sumber Rasa di Desa Rowotengahen_US
dc.titlePERSEPSI TENTANG KUALITAS LAYANAN PADA ANGGOTA KOPERASI WANITA SUMBER RASA DI DESA ROWOTENGAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record