PERSEPSI TENTANG KUALITAS LAYANAN PADA ANGGOTA KOPERASI WANITA SUMBER RASA DI DESA ROWOTENGAH
Abstract
Keberadaan Koperasi wanita sangat menarik untuk dilihat karena terdapat
beberapa Koperasi wanita yang cukup berkembang, sehingga mengakibatkan
pelayanan terhadap pengguna jasa dalam melakukan transaksi simpan pinjam atau
pengajuan kredit lainnya sangat menentukan kemajuan koperasi tersebut,
sehingga volume simpan pinjam yang ditawarkan semakin meningkat. Dengan
tercapainya tujuan tersebut diharapkan koperasi memperoleh tingkat Sisa Hasil
Usaha (SHU) yang maksimal, sehingga kesejahteraan anggota dan kelangsungan
hidup koperasi akan dapat dipertahankan. Salah satu faktor terpenting dalam
usaha koperasi adalah kemampuan dalam melayani keinginan dan kebutuhan
anggota pada saat mereka menggunakan jasa koperasi tersebut. Dengan kata lain
pelayanan merupakan faktor yang terpenting dari usaha koperasi karena
berhubungan langsung dengan kepuasan pengguna jasa. Sedangkan puas atau
tidaknya anggota tentunya sangat berpengaruh pada jumlah Sisa Hasil Usaha
(SHU) yang akan diterima koperasi tersebut. Untuk membuat anggotanya puas,
banyak koperasi yang berusaha untuk meningkatkan fasilitas yang telah mereka
miliki bahkan ada yang menambah dengan fasilitas yang baru. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami persepsi tentang kualitas
layanan pada anggota Koperasi Wanita Sumber Rasa Desa Rowotengah di
Kabupaten Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pencarian fakta dengan
interpretasi yang tepat sesuai dengan realitas yang ada. Penelitian ini ditandai oleh
kenyataan bahwa peneliti bekerja berdasarkan pertanyaan terbuka. Selama
penelitian ini berlangsung, pertanyaan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai
dengan kebutuhan peneliti. Peneliti memerlukan beberapa saat yang tepat sebelum
penafsiran dari pertanyaan yang dirumuskan, agar batas-batas dan maknanya
menjadi jelas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif yang merupakan proses penggambaran atau pemotretan kondisi
penelitian. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi
empat tahap yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data
reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion).
Hasil wawancara yang dilakukan dengan 11 informan dalam penelitian ini
adalah bahwa persepsi anggota terhadap kualitas layanan pada Koperasi Wanita
Sumber Rasa di Desa Rowotengah sudah baik. Rata-rata informan menyatakan
bahwa ketertarikan menjadi anggota Koperasi Wanita adalah untuk memperoleh
modal dengan syarat yang mudah. Jasa yang diberikan Koperasi Wanita Sumber
Rasa dapat membantu memenuhi kebutuhan para anggotanya, dan kualitas
layanannya sudah baik sesuai yang diharapkan anggota. Layanannya berdampak
positif bagi anggota karena semua yang dibutuhkan anggota bisa terpenuhi.
vii
vi
Berdasarkan hasil wawancara, maka dapat disimpulkan persepsi anggota
terhadap kualitas layanan yang diberikan Koperasi Wanita Sumber Rasa sesuai
yang diharapkan anggotanya meliputi kecepatan waktu yang dirasakan anggota
pada saat administrasi peminjaman dana, ketepatan waktu dalam pemenuhan
kebutuhan modal selalu ada dan pasti diusahakan dan pengembalian pinjaman
dilakukan dengan teliti sesuai waktu yang diharapkan, keramahan pengurus
dalam melayani anggota juga sudah baik, dilihat dari merespon anggota pada saat
administrasi dan mengajukan pinjaman. Selain itu, kenyamanan anggota
mengenai plafon pinjaman dan suku bunga yang ditetapkan dirasakan nyaman,
tidak begitu membebani.