PEMBENTUKAN BERFIKIR DEDUKTIF MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN ANALISA REAL LANJUT LANJUT BERBASIS LESSON STUDY DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Tujuan perkuliahan Analisa Real Lanjut adalah agar mahasiswa mampu mengembangkan kemampuannya berfikir deduktif yang merupakan kemampuan dasar dalam belajar matematika tingkat perguruan tinggi. Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang belum mampu berfikir deduktif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Sebagai contoh yang terjadi di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas jember, mahasiswa dalam proses membuktikan suatu teorema yang berlaku secara umum untuk bilangan real, mereka hanya membuktikan untuk beberapa bilangan real saja. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dalam kegiatan perkuliahan Analisa Real Lanjut dilakukan sebuah pembelajaran yang berbasis pada langkah-langkah Lesson Study. Mengacu pada langkah-langkah Lesson Study, maka tim dosen pengampu mata kuliah Analisa Real Lanjut mampu merancang pembelajaran berdasarkan pada kesalahan dan ketidakmampuan mahasiswa dalam membuktikan suatu teorema. Sehingga diharapkan dengan pembelajaran berbasis pada langkah-langkah Lesson Study, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan berfikir deduktif mereka.
Subyek dalam penelitian ini adalah 40 mahasiswa yang menempuh Analisa Real Lanjut semester Genap TA 2011/2012 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Sedangkan penerapan lesson study pada perkuliahan ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan setiap siklusnya dilakukan pada tiga pertemuan. Pelaksanaan Lesson Study untuk mata kuliah ini melibatkan seorang dosen sebagai dosen model, tiga orang dosen sebagai observer, dan satu karyawan sebagai pengambil gambar selama KBM. Observer tersebut mengamati kemampuan mereka dalam berfikir deduktif yang tertuang dalam proses menyelesaikan atau membuktikan suatu teorema. Observer pertama mengamati kemampuan berfikir deduktif mahasiswa di kelompok 1,2, dan 3, observer yang kedua di kelompok 4, 5 dan 6, sedangkan observer yang ketiga di kelompok 7 dan 8.
Pada siklus pertama, tujuan yang ingin dicapai setelah mahasiswa belajar Sub Barisan Bilangan Real dan teorema Bolzano-Weitrass masih jauh dari harapan. Akan tetapi pada siklus kedua, tujuan yang kan dicapai sudah terwujud yaitu 70% mahasiswa mampu berfikir deduktif dalam membuktikan atau menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Kriteria Chauchy. Sehingga dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah yang digunakan dalam kegiatan lesson study ini dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan berfikir deduktif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember yang menempuh mata kuliah Analisa Real Lanjut.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]