Show simple item record

dc.contributor.authorYULIANA WIDIA WATI
dc.date.accessioned2013-12-08T04:39:18Z
dc.date.available2013-12-08T04:39:18Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM070210204160
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6193
dc.description.abstractPembelajaran matematika di sekolah belum memberikan hasil yang memuaskan, karena pembelajaran bersifat satu arah sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembentukan konsep matematika yang abstrak. Ketidakterlibatan siswa dalam pembelajaran membuat siswa tidak aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Hal tersebut sedikit banyak dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu, sebuah penelitian dengan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tabung dan kerucut. Hal itu sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; 1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tabung dan kerucut dengan pendekatan SAVI pada siswa kelas V SDN Sukowiryo 01 Bondowoso?, 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tabung dan kerucut dengan pendekatan SAVI pada siswa kelas V SDN Sukowiryo 01 Bondowoso?. Pembelajaran dengan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) merupakan suatu proses belajar siswa yang menggabungkan aktivitas fisik dengan aktivitas intelektual serta penggunaan alat indera sehingga dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penerapan pendekatan SAVI dalam penelitian ini yaitu pembelajaran dimulai dengan memotivasi siswa yang diiringi musik instrumen alfa (Auditori), kemudian membelajarkan konsep materi viii dengan membuat alat peraga berupa jaring-jaring tabung dan kerucut, menggambar tabung dan kerucut sesuai sifat-sifat yang dimiliki, menggunakan yel-yel khusus untuk memotivasi siswa (Somatis), siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi, mengerjakan LKS dan menyelesaikan masalah mengenai tabung dan kerucut (Intelektual), terakhir membuat catatan dan kesimpulan dengan variasi warna, tulisan serta gambar (Visual). Serangkaian kegiatan pembelajaran tersebut membuat siswa dapat menggunakan kemampuan fisik dan intelektualnya secara maksimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204160;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR TABUNG DAN KERUCUTen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TABUNG DAN KERUCUT MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN SUKOWIRYO 01 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record