• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TABUNG DAN KERUCUT MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN SUKOWIRYO 01 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    YULIANA WIDIA WATI_001.pdf (349.3Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    YULIANA WIDIA WATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika di sekolah belum memberikan hasil yang memuaskan, karena pembelajaran bersifat satu arah sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembentukan konsep matematika yang abstrak. Ketidakterlibatan siswa dalam pembelajaran membuat siswa tidak aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Hal tersebut sedikit banyak dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu, sebuah penelitian dengan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tabung dan kerucut. Hal itu sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; 1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tabung dan kerucut dengan pendekatan SAVI pada siswa kelas V SDN Sukowiryo 01 Bondowoso?, 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tabung dan kerucut dengan pendekatan SAVI pada siswa kelas V SDN Sukowiryo 01 Bondowoso?. Pembelajaran dengan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) merupakan suatu proses belajar siswa yang menggabungkan aktivitas fisik dengan aktivitas intelektual serta penggunaan alat indera sehingga dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penerapan pendekatan SAVI dalam penelitian ini yaitu pembelajaran dimulai dengan memotivasi siswa yang diiringi musik instrumen alfa (Auditori), kemudian membelajarkan konsep materi viii dengan membuat alat peraga berupa jaring-jaring tabung dan kerucut, menggambar tabung dan kerucut sesuai sifat-sifat yang dimiliki, menggunakan yel-yel khusus untuk memotivasi siswa (Somatis), siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi, mengerjakan LKS dan menyelesaikan masalah mengenai tabung dan kerucut (Intelektual), terakhir membuat catatan dan kesimpulan dengan variasi warna, tulisan serta gambar (Visual). Serangkaian kegiatan pembelajaran tersebut membuat siswa dapat menggunakan kemampuan fisik dan intelektualnya secara maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6193
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository