• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PEMASARAN DAN PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI SEMANGKA DI DESA MOJOSARI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nila Anua Sita - 101510601086_1.pdf (739.3Kb)
    Date
    2015-03-20
    Author
    Nilam Anua Sita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Pemasaran dan Prospek Pengembangan Usahatani Semangka Di Desa Mojosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Nilam Anua Sita. 101510601086. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember. Desa Mojosari yang terletak di Kecamatan Puger merupakan penghasil semangka tertinggi di Kabupaten Jember. Desa Mojosari memiliki hasil produksi sangat baik dan diminati banyak konsumen. Penelitian mengenai mekanisme pemasaran semangka dan prospek pengembangan usahatani semangka di Desa Mojosari perlu dilakukan, mengingat bahwa komoditas semangka memiliki prospek yang menguntungkan dan adanya posisi tawar yang lemah antara petani dan lembaga pemasaran. Harga jual semangka ditentukan oleh pedagang dan petani sebagai penerima harga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui saluran-saluran pemasaran semangka di Desa Mojosari (2) mengetahui efisiensi saluran pemasaran semangka di Desa Mojosari (3) mengetahui prospek pengembangan usahatani semangka di Desa Mojosari. Purposive method digunakan untuk menentukan daerah penelitian. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dan analitik. Metode Purposive Sampling digunakan untuk pengambilan sampel kelompok tani yaitu Subur Jaya 3, simple random sampling digunakan untuk menentukan responden, dan metode Snowball Sampling digunakan untuk menentukan lembaga pemasaran. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis Margin Pemasaran dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) saluran pemasaran semangka di Desa Mojosari ada 3 macam yaitu saluran pemasaran satu tingkat (Petani → Tengkulak → Konsumen), saluran pemasaran dua tingkat (Petani → Tengkulak → Pengecer → Konsumen), dan saluran pemasaran tiga tingkat (Petani → Tengkulak → Pedagang Besar → Pengecer → Konsumen); (2) Saluran pemasaran satu tingkat adalah saluran pemasaran yang paling efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya; (3) Usahatani semangka di Desa Mojosari berada di White Area (bidang kuat berpeluang) yang artinya bahwa usahatani semangka di Desa Mojosari memiliki peluang untuk dikembangkan dan prospek untuk diusahakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61904
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4379]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository