Show simple item record

dc.contributor.authorUlfatun Ainiyah
dc.date.accessioned2013-12-08T04:31:29Z
dc.date.available2013-12-08T04:31:29Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM070210204156
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6186
dc.description.abstractRendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Pejarakan 02 yang mendasari peneliti untuk melaksanakan pembaruan metode pembelajaran agar siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pengamatan di SDN Pejarakan 02, siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dan cenderung pasif dan dalam proses belajar mengajar, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar siswa tidak pernah mengajukan pertanyaan yang dianggap kurang dimengerti. Akibat proses pembelajaran yang demikian siswa akan merasa bosan dengan materi yang diajarkan karena kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa itu sendiri. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN Pejarakan 02, menunjukkan dari 22 siswa, terdapat 16 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar individual yaitu di bawah standar ketuntasan minimum kelas, sedangkan siswa dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar apabila mencapai skor 60, hanya terdapat 6 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar minimal (lampiran F1). Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran Metode Diskusi Kelompok dengan Media Gambar mata pelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejarakan 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pejarakan 02Kecamatan Randuagung, dimulai pada tanggal 18 Agustus 2011 sampai tanggal 10 September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 anak, terdiri dari 14 lakilaki dan 8 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif x dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204156;
dc.subjectDISKUSI KELOMPOK, MEDIA GAMBARen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN PEJARAKAN 02 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record