PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN PEJARAKAN 02 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Pejarakan 02 yang
mendasari peneliti untuk melaksanakan pembaruan metode pembelajaran agar siswa
lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pengamatan di SDN
Pejarakan 02, siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dan cenderung
pasif dan dalam proses belajar mengajar, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru,
ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar siswa tidak pernah mengajukan
pertanyaan yang dianggap kurang dimengerti. Akibat proses pembelajaran yang
demikian siswa akan merasa bosan dengan materi yang diajarkan karena kurangnya
motivasi belajar dalam diri siswa itu sendiri. Hasil observasi yang dilakukan peneliti
di kelas IV SDN Pejarakan 02, menunjukkan dari 22 siswa, terdapat 16 siswa yang
belum mencapai ketuntasan belajar individual yaitu di bawah standar ketuntasan
minimum kelas, sedangkan siswa dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar apabila
mencapai skor 60, hanya terdapat 6 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar
minimal (lampiran F1).
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui pembelajaran Metode Diskusi Kelompok dengan Media Gambar mata
pelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejarakan 02 Kecamatan
Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data
dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pejarakan 02Kecamatan Randuagung,
dimulai pada tanggal 18 Agustus 2011 sampai tanggal 10 September 2011, subyek
penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 anak, terdiri dari 14 lakilaki
dan 8 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif
x
dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa
terhadap, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama
proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa
terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.