Show simple item record

dc.contributor.authorNuzilah Fawqo Nur Rahmah
dc.date.accessioned2015-03-16T12:20:38Z
dc.date.available2015-03-16T12:20:38Z
dc.date.issued2015-03-16
dc.identifier.nimNIM102110101022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61802
dc.description.abstractKajian Strategi Pemasaran Pelayanan Hiperbarik di Rumah Sakit Paru Jember; Nuzilah Fawqo Nur Rahmah; 102110101022; 2014; 94 halaman; Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Dalam mewujudkan visinya, Rumah Sakit Paru Jember mendirikan pelayanan Hiperbarik pada tahun 2011. Namun, pelayanan tersebut masih tergolong produk baru dengan tingkat kunjungan pasien yang fluktuatif setiap tahunnya, sehingga diperlukan strategi pemasaran untuk mengenalkan kepada masyarakat dan tenaga medis lainnya. Selain itu, selama ini upaya pemasaran yang telah dilakukan masih belum optimal dan kurang tepat sasaran. Untuk itu, dengan adanya penentuan strategi pemasaran yang tepat, terutama penentuan pasar sasaran yang tepat maka dapat mencegah terjadinya over segmenting sehingga pemberian pelayanan menjadi optimal dan nantinya upaya pemasaran yang dilakukan akan lebih efektif dan efisien serta dapat menghemat biaya pemasaran yang dikeluarkan. Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan strategi pemasaran instalasi hiperbarik di Rumah Sakit Paru Jember, melalui segmentasi pasar, penentuan target pasar, dan penentuan posisi pasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan 17 informan yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan panduan wawancara, serta menggunakan data sekunder berupa data tingkat kunjungan pasien dan hasil indeks kepuasan masyarakat Instalasi Hiperbarik di Rumah Sakit Paru Jember. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan keseluruhan hasil yang diperoleh akan menggambarkan kajian strategi pemasaran pelayanan hiperbarik di Rumah Sakit Paru Jember. ix Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak manajemen Rumah Sakit Paru Jember tidak pernah melakukan segmentasi pasar pelayanan hiperbarik tetapi penulis mencoba melakukan segmentasi pasar sasaran tersebut berdasarkan segmentasi demografi, segmentasi geografi, dan segmentasi perilaku. Sehingga diperoleh target pasar sasaran utama pelayanan hiperbarik di Rumah Sakit Paru Jember, yaitu kelompok karyawan Dari wawancara mendalam terhadap para informan dan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh pihak manajemen Rumah Sakit Paru Jember sebagai rumah sakit pemerintah yang bergerak di misi sosial, saat ini masih belum optimal dan masih ada beberapa target pasar yang kurang tepat sasaran sehingga untuk strategi segmentasi pasar Instalasi Hiperbarik Rumah Sakit Paru Jember sebaiknya menerapkan strategi static attributes dan dynamic attributes, sedangkan strategi penentuan target pemasaran termasuk dalam pendekatan undifferentiatied marketing dan full market coverage. Saat ini Instalasi Hiperbarik Rumah Sakit Paru Jember berusia tiga tahun sehingga dapat dikatakan masih berada pada tahap perkenalan dan akan memasuki tahap pertumbuhan sehingga masih tergolong pada pendekatan strategi penetrasi pasar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries102110101022;
dc.subjectKAJIAN STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN HIPERBARIK DI RUMAH SAKIT PARU JEMBERen_US
dc.titleKAJIAN STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN HIPERBARIK DI RUMAH SAKIT PARU JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record