dc.description.abstract | Rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa merupakan alasan
mengapa kita harus merefleksi setiap kegiatan pembelajaran dikelas. Salah satu cara
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, guru harus berperan aktif untuk
menerapkan model dan menggunakan media pembelajaran supaya materi yang
dianggap sulit oleh kebanyakan siswa bisa terasa sebaliknya. Dalam penyelesaian
soal cerita perkalian dan pembagian, siswa kelas IV SDN Andongsari 06 mengalami
kesulitan. Oleh karena itu, penerapan model CIRC disertai media kartu kerja
diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC dan mengkaji
aktivitas serta ketuntasan belajar siswa.
Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan
model terpadu membaca dan menulis secara kooperatif/kelompok, siswa dibentuk
dalam kelompok yang heterogen 5 orang, guru memberikan soal cerita, siswa bekerja
sama (salah satu membacakan soal, memahami soal, menyelesaikan soal secara urut,
mengedit/merevisi pekerjaan serta mempresentasikannya). Langkah-langkah dalam
model tersebut dituliskan dalam kartu kerja yang mengarahkan siswa untuk
menemukan penyelesaian secara bertahap.
Penelitian bertempat di kelas IV SDN Andongsari 06 Ambulu dengan jumlah
siswa yaitu 26 siswa, 15 laki-laki dan 11 perempuan. Data yang dikumpulkan
diperoleh dengan cara dokumentasi, observasi serta wawancara. Penelitian
viii
dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung atas dasar hasil diagnostik dan
refleksi yang diperoleh dari tindakan pendahuluan. Siklus II didasarkan atas hasil
refleksi yang diperoleh dari siklus I dan dilaksanakan dengan tujuan perbaikan atau
pemantapan. | en_US |