• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROFIL IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ulfa Khoiriyah - 1002101087_1.pdf (74.48Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    Ulfa Khoiriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    “Profil Implementasi Authentic Assesment dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kabupaten Jember”; Ulfa Khoiriyah; 100210101087; 2014: 80 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Perkembangan pendidikan ke arah berfikir yang lebih tinggi dengan berbagai metode pembelajaran dan media yang lebih canggih juga harus diikuti dengan pengembangan pembelajaran sistem evaluasi yang mampu mengukur hasil keseluruhan. Authentic Assesment dianggap lebih adil, menghormati kemampuan siswa, berkelanjutan, dan mampu mengembangkan kemampuan yang sudah dimiliki siswa. Penilaian autentik melibatkan siswa dalam tugas-tugas yang berguna, penting, dan bermakna dan mampu menantang siswa untuk menerapkan informasi baru atau keterampilan akademik pada situasi nyata untuk tujuan tertentu, menggabungkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mereka dapat menerapkan kriteria untuk situasi dalam kehidupan profesional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman guru-guru matematika SMP di Kabupaten Jember mengenai authentic assesment, apakah guru-guru matematika SMP di Kabupaten Jember telah mengembangkan authentic assesment dalam proses penilaian mereka terhadap siswa-siswanya, dan bagaimana proses pengaplikasiannya. Pengambilan data dimulai pada tanggal 7 Januari 2014 sampai dengan 7 April 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei. Pada penelitian ini metode yang digunakan meliputi metode observasi, metode wawancara, metode angket/kuisioner, dokumentasi. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian yakni guru matematika di 9 SMP Negeri di Kabupaten Jember dimana dipilihnya sekolahsekolah tersebut berdasarkan tingkat kelulusan dan prestasi siswa terutama di bidang matematika. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun viii dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil dari penelitian ini adalah hasil dari analisis kuisioner yang telah diisi oleh responden, hasil wawancara, analisis dokumen/arsip/file yang diberikan oleh responden sebagai bukti pengembangan dan pelaksanaan authentic assesment. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Rata-rata persentase dari hasil analisis 6 indikator pemahaman authentic assesment hanya sebesar 61,7%, sehingga dapat disimpulkan bahwa guru matematika SMP di Kabupaten Jember masih kurang memahami authentic assesment. Sebanyak 60% guru matematika SMP di Kabupaten Jember menyatakan telah mengembangkan authentic assesment. Mayoritas guru matematika SMP di Kabupaten Jember mengembangkan authentic assesment secara kelompok (MGMP). Mayoritas guru matematika SMP di Kabupaten Jember mengembangkan sekali, tetapi apabila ada perubahan maka akan membuat lagi, Jenis tagihan yang sering dikembangkan oleh guru matematika SMP di Kabupaten Jember adalah tugas proyek. Sedangkan instrumen penilaian yang sering dikembangkan oleh guru matematika SMP di Kabupaten Jember adalah tugas (tes) individu maupun kelompok. Berdasarkan hasil observasi dan bukti pelaksanaan authentic assesment yang dilakukan oleh responden diketahui bahwa hanya 25% dari dua belas orang responden yang menyatakan melaksanakan authentic assesment yang sesuai dengan prosedur yang berlaku. Jadi dapat disimpulkan pelaksanaan authentic assesment yang dilakukan oleh guru matematika SMP di Kabupaten Jember kurang sesuai dengan prosedur yang berlaku.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61777
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository