ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI BALUNG BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LIMIT FUNGSI
Abstract
Analisis Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas
XI SMA Negeri Balung Berdasarkan Kemampuan Matematika pada Pokok
Bahasan Limit Fungsi; Friska Yuri Prahesti, 100210101095; 2014; 199 halaman;
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pembelajaran matematika berkaitan dengan masalah yang biasanya berupa
pertanyaan atau soal yang harus dijawab. Saat memecahkan masalah, siswa
mengaplikasikan pemahamannya mengenai suatu konsep yang dikaitkan dengan
pemahaman sebelumnya sehingga tercipta konsep yang koheren. Dengan berbekal
pemahaman konsep, siswa menyelesaikan permasalahan secara terprosedur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang didahului dengan pengembangan instrumen tes dan pedoman
wawancara. Pendeskripsian dilakukan dengan memberikan gambaran mengenai
pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural siswa dalam pemecahan
masalah pokok bahasan Limit Fungsi berdasarkan kemampuan matematikanya.
Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan pemahaman konseptual dan
pengetahuan prosedural, pedoman wawancara, lembar validasi tes, dan lembar
validasi pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil tes dan wawancara
mendalam terhadap jawaban siswa.
Dari data hasil validasi tes, tes dinyatakan valid dengan beberapa saran
revisi. Setelah uji validitas, dilakukan revisi terhadap tes yang dilanjutkan dengan
uji reliabilitas. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa tes memiliki koefisien
reliabilitas 0,615 yang dikategorikan tinggi. Berdasarkan uji validitas dan
reliabilitas, tes tersebut dikatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan
untuk penelitian. Setelah diperoleh data hasil wawancara, kemudian dianalisis.
v
S1 dan S2 merupakan subjek dengan kemampuan matematika tinggi yang
memiliki tingkat pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural yang tinggi,
S3 merupakan subjek dengan kemampuan matematika sedang yang memiliki
tingkat pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural yang rendah, S4
merupakan subjek dengan kemampuan matematika sedang yang memiliki tingkat
pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural yang sedang, serta S5 dan S6
merupakan subjek dengan kemampuan matematika rendah yang memiliki tingkat
pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural yang sangat rendah.
Pada pemahaman konseptual, indikator kemampuan menyatakan ulang
sebuah konsep dicapai oleh S1, S2, S3, dan S4. Namun, S5 dan S6 tidak dapat
menyatakan konsep Limit Fungsi. Untuk indikator kemampuan memberi contoh
dan bukan contoh, seluruh subjek dapat membuat contoh sebuah fungsi linier
(
)
= = . Fungsi linier ini ditentukan limitnya jika variabel mendekati 0.
S1, S2, S4, dan S6 dapat menentukan limitnya, sedangkan S3 dan S5 tidak dapat
menentukan limitnya dengan tepat. Seluruh subjek mencapai indikator
kemampuan mengklasifikasikan obejek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan
konsep. S1, S2, dan S4 dapat menyajikan konsep dalam bentuk representasi grafik
pada soal. S3, S5, dan S6 tidak dapat membuat rumus fungsi dengan tepat.
Seluruh subjek dapat mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu
konsep dengan membuktikan kekontinuan fungsi. Indikator kemampuan
mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan matematika dicapai oleh
seluruh subjek dengan mengaplikasikan konsep Fungsi dan Limit Fungsi.
Pada pengetahuan prosedural, indikator pengetahuan tentang kriteria untuk
menentukan kapan harus menggunakan prosedur yang tepat sudah dapat dicapai
oleh seluruh subjek. Prosedur yang dipilih oleh seluruh subjek sudah tepat.
Indikator ke dua pada pengetahuan prosedural adalah pengetahuan tentang
penggunaan prosedur secara tepat. S1, S2, dan S4 mencapai indikator
pengetahuan tentang penggunaan prosedur secara tepat. Ketiganya dapat
menyelesaikan soal dengan tepat meskipun masih terdapat beberapa kesalahan. S3
tidak dapat secara maksimal dalam menyajikan prosedur penyelesaiannya. S5 dan
S6 tidak dapat menyajikan prosedur dan penyelesaian dengan tepat.