Show simple item record

dc.contributor.authorNur Mutmainnah
dc.date.accessioned2015-03-12T07:01:22Z
dc.date.available2015-03-12T07:01:22Z
dc.date.issued2015-03-12
dc.identifier.nimNIM100210101088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61752
dc.description.abstractAnalisis Level Jawaban Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Berdasarkan Taksonomi SOLO Kelas VII A SMP Negeri 13 Jember; Nur Mutmainnah, 100210101088; 2015, 135 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting yang juga merupakan salah satu bekal yang perlu disampaikan kepada peserta didik agar mereka dapat menyesuaikan dengan era globalisasi tanpa mengesampingkan soal rutin. Soal pemecahan masalah pada penelitian ini adalah tiga soal cerita yang menyajikan situasi baru yang belum pernah dijumpai oleh siswa sebelumnya. Dalam situasi baru itu, ada tujuan yang jelas yang ingin dicapai, tetapi cara mencapainya tidak segera muncul di benak siswa. Sugiarti (2002:190) mengemukakan bahwa salah satu bekal yang perlu disampaikan kepada peserta didik agar mereka dapat menyesuaikan dengan era globalisasi adalah pemecahan masalah, tanpa mengesampingkan soal yang rutin. Diharapkan dengan dibekali kemampuan pemecahan masalah, siswa dapat memahami matematika lebih baik lagi dan dapat menghubungkan dengan ilmu-ilmu yang lainyang masih erat hubungannya dengan matematika. Berdasarkan pengalaman dan data yang dimiliki peneliti pada saat Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SMPN 13 Jember kelas VII, sebagian besar siswa masih memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Hal ini terbukti dari 36 siswa, 26 siswa nilainya masih di bawah KKM pada saat tes pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui level siswa dan persentase dari setiap level siswa dalam memecahkan soal pemecahan masalah pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII A SMP Negeri 13 Jember berdasarkan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO (Structure of the viii Observed Learning Outcome) adalah alat yang mudah dan sederhana untuk menyusun dan menentukan tingkat kesulitan dan kompleksitas suatu soal atau pertanyaan, sehingga dapat digunakan untuk mengetahui level siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pokok bahasan bilangan bulat. Taksonomi SOLO mendeskripsikan level meningkatnya kompleksitas pada pemahaman siswa terhadap tugas melalui lima tingkat yaitu prestuktural, unistruktural, multistruktural, relational dan abstrak diperluas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan data tentang level jawaban siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada pokok bahasan bilangan bulat berdasarkan taksonomi SOLO kelas VII A SMP Negeri 13 Jember. Instrumen yang digunakan adalah soal tes matematika dan lembar validasi tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif sesuai dengan petunjuk Collis dan Romberg. Kemudian data yang terkumpul dalam peneltian deskriptif dapat diklasifikasikan menjadi data kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil tes pemecahan masalah. Berdasarkan data hasil validasi tes berdasarkan validasi isi dan kontruksi dengan beberapa komponen penguji, maka diperoleh bahwa tes tersebut valid dengan representasi Va = 0,94. Maka soal tes tersebut dapat digunakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran revisi yang telah diberikan oleh validator. Setelah dilakukan uji validitas, kemudian dilakukan revisi tes, maka selanjutnya dilakukan uji reliabilitas tes. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa tes tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,6466476. Kategori reliabilitas tes tersebut adalah tinggi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan , maka tes tersebut dikatakan valid dan reliabel. Sehingga soal tes pemecahan masalah dapat digunakan untuk penelitian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101088;
dc.subjectANALISIS LEVEL JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO KELAS VII A SMP NEGERI 13 JEMBERen_US
dc.titleANALISIS LEVEL JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO KELAS VII A SMP NEGERI 13 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record