Show simple item record

dc.contributor.authorSITI AISYAH NOER WAHYUNI
dc.date.accessioned2013-12-08T04:19:25Z
dc.date.available2013-12-08T04:19:25Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM080210204213
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6174
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide-ide pikiran mereka secara tertulis, siswa kesulitan untuk memilih kata dan merangkainya menjadi kalimat yang benar, dan sering salah dalam penggunaan ejaan. Guru selalu menerapkan teknik kerangka karangan untuk membantu siswa mengungkapkan gagasan mereka agar lebih tertib dan terarah. Namun hasil belajar siswa, baik secara individual maupun klasikal masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 60. Dari jumlah 40 siswa, sekitar 30% yang mendapatkan nilai 60 atau lebih. Bentuk upaya yang dilakukan dalam memformulasikan masalah kemampuan mengarang narasi pada siswa kelas V adalah dengan menggunakan metode “mind mapping” atau pemetaan pikiran. “Mind mapping” dikembangkan oleh Tony Busan (tahun 1970- an) yang didasari pada riset tentang bagaimana kerja otak yang sebenarnya. Otak manusia sering mengingat informasi dalam bentuk gambar, simbol, suara, bentukbentuk, dan perasaan. “Mind mapping” menggunakan pengingat-pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan seperti peta jalan yang digunakan untuk belajar, mengorganisasikan, dan merencanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. bagaimanakah penerapan metode “mind mapping” dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01?, 2. Bagaimanakah hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01 setelah pembelajaran melalui metode “mind mapping”?. Tujuan Yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. penerapan metode “mind mapping” dalam proses pembelajaran yang dipandang efektif untuk viii meningkatkan kreativitas menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01, 2. hasil belajar menulis karangan narasi kelas V SDN Jomerto 01 melalui penerapan metode “mind mapping”.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204213;
dc.subject“MIND MAPPING, MENINGKATKAN KETERAMPILANen_US
dc.titlePENERAPAN METODE “MIND MAPPING” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG NARASI PADA SISWA KELAS V SDN JOMERTO 01 PATRANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record