• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE “MIND MAPPING” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG NARASI PADA SISWA KELAS V SDN JOMERTO 01 PATRANG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    SITI AISYAH NOER WAHYUNI_001.pdf (161.7Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    SITI AISYAH NOER WAHYUNI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide-ide pikiran mereka secara tertulis, siswa kesulitan untuk memilih kata dan merangkainya menjadi kalimat yang benar, dan sering salah dalam penggunaan ejaan. Guru selalu menerapkan teknik kerangka karangan untuk membantu siswa mengungkapkan gagasan mereka agar lebih tertib dan terarah. Namun hasil belajar siswa, baik secara individual maupun klasikal masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 60. Dari jumlah 40 siswa, sekitar 30% yang mendapatkan nilai 60 atau lebih. Bentuk upaya yang dilakukan dalam memformulasikan masalah kemampuan mengarang narasi pada siswa kelas V adalah dengan menggunakan metode “mind mapping” atau pemetaan pikiran. “Mind mapping” dikembangkan oleh Tony Busan (tahun 1970- an) yang didasari pada riset tentang bagaimana kerja otak yang sebenarnya. Otak manusia sering mengingat informasi dalam bentuk gambar, simbol, suara, bentukbentuk, dan perasaan. “Mind mapping” menggunakan pengingat-pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan seperti peta jalan yang digunakan untuk belajar, mengorganisasikan, dan merencanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. bagaimanakah penerapan metode “mind mapping” dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01?, 2. Bagaimanakah hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01 setelah pembelajaran melalui metode “mind mapping”?. Tujuan Yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. penerapan metode “mind mapping” dalam proses pembelajaran yang dipandang efektif untuk viii meningkatkan kreativitas menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01, 2. hasil belajar menulis karangan narasi kelas V SDN Jomerto 01 melalui penerapan metode “mind mapping”.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6174
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository