PENERAPAN METODE “MIND MAPPING” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG NARASI PADA SISWA KELAS V SDN JOMERTO 01 PATRANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan
menunjukkan bahwa siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam
mengungkapkan ide-ide pikiran mereka secara tertulis, siswa kesulitan untuk
memilih kata dan merangkainya menjadi kalimat yang benar, dan sering salah
dalam penggunaan ejaan. Guru selalu menerapkan teknik kerangka karangan
untuk membantu siswa mengungkapkan gagasan mereka agar lebih tertib dan
terarah. Namun hasil belajar siswa, baik secara individual maupun klasikal masih
di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 60. Dari jumlah 40
siswa, sekitar 30% yang mendapatkan nilai 60 atau lebih. Bentuk upaya yang
dilakukan dalam memformulasikan masalah kemampuan mengarang narasi pada
siswa kelas V adalah dengan menggunakan metode “mind mapping” atau
pemetaan pikiran. “Mind mapping” dikembangkan oleh Tony Busan (tahun 1970-
an) yang didasari pada riset tentang bagaimana kerja otak yang sebenarnya. Otak
manusia sering mengingat informasi dalam bentuk gambar, simbol, suara, bentukbentuk,
dan perasaan. “Mind mapping” menggunakan pengingat-pengingat visual
dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan seperti peta jalan yang
digunakan untuk belajar, mengorganisasikan, dan merencanakan. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. bagaimanakah penerapan
metode “mind mapping” dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan
kreativitas menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01?, 2.
Bagaimanakah hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto
01 setelah pembelajaran melalui metode “mind mapping”?. Tujuan Yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. penerapan metode
“mind mapping” dalam proses pembelajaran yang dipandang efektif untuk
viii
meningkatkan kreativitas menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01,
2. hasil belajar menulis karangan narasi kelas V SDN Jomerto 01 melalui
penerapan metode “mind mapping”.