ASPEK PSIKOLOGI KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA DALAM DWILOGI NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA
View/ Open
Date
2013Author
Mudrika, Novi Ria
Widayati, Endang Sri
Wuryaningrum, Rusdhianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Dwilogi novel Padang Bulan adalah novel yang menggambarkan tentang sifat-sifat manusia yang gigih dan tekun dalam memenuhi
kebutuhan – kebutuhan hidupnya. Hal tersebut menjadi dasar pemilihan dwilogi novel Padang Bulan sebagai objek penelitian.
Psikologi kepribadian humanistik adalah cabang ilmu psikologi yang membahas tentang manusia beserta kehendak bebasnya.
Psikologi kepribadian humanistik dipilih sebagai aspek yang diteliti dalam dwilogi novel Padang Bulan karena sesuai dengan tema
novel tersebut yakni perjuangan tokoh utama dalam memenuhi kebutuhan - kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu rumusan masalah
yang dibahas dalam penelitian ini antara lain: unsur intrinsik dalam dwilogi novel Padang Bulan yang berkaitan dengan aspek
psikologi kepribadian humanistik serta gambaran aspek psikologi kepribadian humanistik yang terdapat dalam dwilogi novel Padang
Bulan. Data dalam penelitian ini berupa paragraf, kalimat, dan kata-kata tertulis yang menggambarkan tentang struktur, dinamika dan
perkembangan kepribadian. Sumber data dalam penelitian ini berupa dwilogi novel yang berjudul Padang Bulan karya Andrea Hirata.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif-interpretatif dan apresiasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengumpul data dan instrumen pemandu analisis
data. Hasil dan pembahasan penelitian ini dimulai dari adalah analisis unsur intrinsik yang meliputi, tokoh, latar, tema yang
mempunyai keterkaitan dengan aspek psikologi kepribadian humanistik. Aspek psikologi kepribadian humanistik yang terdapat dalam
dwilogi novel Padang Bulan antara lain kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta kasih dan rasa memiliki,
kebutuhan harga diri, serta kebutuhan aktualisasi diri.
Collections
- SRA-Education [1352]