Analisis Kesesuaian Isi Modul Akuntansi Keuangan Terbitan Erlangga yang Digunakan di SMK Trunojoyo Jember Jurusan Akuntansi Kelas XI Semester Ganjil Ditinjau dari Tuntutan SK-KD dan Aspek Penyajian Tahun Ajaran 2013-2014
View/ Open
Date
2014Author
Utami, Ika Farinti
Purnomo, Bambang Hari
Djaja, Sutrisno
Metadata
Show full item recordAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah tentang kesesuaian isi modul akuntansi keuangan terbitan Erlangga yang digunakan di SMK Trunojoyo Jember kelas XI semester ganjil dilihat dari tuntutan SK-KD dan aspek penyajian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kesesuaian isi modul akuntansi keuangan terbitan Erlangga yang digunakan di SMK Trunojoyo Jember jurusan akuntansi kelas XI semester ganjil ditinjau dari tuntutan SK-KD dan aspek penyajian tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Penentuan objek penelitian menggunakan metode purposive yaitu modul akuntansi terbitan Erlangga kelas XI semester ganjil karya Dwi Harti. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumen, wawancara, observasi, dan
angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa daftar cocok yang telah dikembangkan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian isi modul akuntansi terbitan Erlangga kelas XI semester ganjil karya Dwi Harti dilihat dari tuntutan SK-KD mencapai persentase sebesar
80,44% dengan kategori sesuai dan dilihat dari aspek penyajian mencapai persentase sebesar 74,77% dengan kategori sesuai. Besarnya persentase kesesuaian isi modul yang diperoleh menunjukkan bahwa modul sudah dapat digunakan dalam pembelajaran akuntansi.
Collections
- SRA-Education [1352]