• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI YURISPRUDENSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X IPS 1 SMAN 1 JENGGAWAH TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Iqlimatu Rodiyah - 100210302070_1.pdf (247.7Kb)
    Date
    2015-03-10
    Author
    Iqlimatu Rodiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Kelas X IPS 1 SMAN 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2014/2015; Iqlimatu Rodiyah, 10021030270; 2014: xix + 254 halaman; Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 mendorong peserta didik lebih terlatih untuk berpikir kritis dan aktif dalam belajar. Faktanya pembelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Model dalam pembelajaran sejarah menggunakan model ceramah sehingga kemampuan berpikir kritis belajar peserta didik kurang. Kemampuan berpikir kritis merupakan satu prasyarat penting dalam belajar. Untuk mengatasi kurangnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Yurisprudensial. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Yurisprudensial dalam pembelajaran sejarah mendorong peserta didik lebih melatih untuk berpikir kritis dan aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran inkuiri yurisprudensial dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IPS 1 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Jenggawah?; (2) apakah penerapan model pembelajaran inkuiri yurisprudensial dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 1 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Jenggawah?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IPS 1 pada mata pelajaran sejarah melalui penerapan model pembelajaran inkuiri yurisprudensial di SMAN 1 Jenggawah; (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 1 pada mata pelajaran sejarah melalui penerapan model pembelajaran inkuiri yurisprudensial di SMAN 1 Jenggawah. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 SMAN 1 viii Jenggawah, jumlahnya 35 orang. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Taggart dengan 3 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dokumenter dan analisis data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 57,14%, pada siklus 2 meningkat menjadi 70,29%, pada siklus 3 meningkat menjadi 78,14% . Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh persentase sebesar 77,06%, pada siklus 2 memperoleh persentase 82% pada siklus 3 memperoleh persentase 84,4%. Pada siklus 1 hasil belajar aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 64,71%, pada siklus 2 memperoleh persentase 72,71% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 80,43%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) Penerapan Model pembelajaran Inkuiri Yusrisprudensial dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IPS 1 SMAN 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2014/2015; (2) Penerapan Model pembelajaran Inkuiri Yusrisprudensial dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X IPS 1 SMAN 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2014/2015. Peneliti merekomendasikan beberapa saran berikut (1) Bagi pendidik, sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. (2) Bagi lembaga pendidikan, hasil dari penelitian ini merupakan sebuah masukan yang berguna dan dapat juga digunakan sebagai umpan balik bagi kebijaksanaan yang diambil dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran. (3) Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat lebih mengembangkan penelitian pembelajaran dengan model pembelajaran Inkuiri Yurisprudensial pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang luas dan dalam jangka waktu yang lama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61676
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository