dc.description.abstract | Membaca permulaan di kelas I SD merupakan tahapan proses belajar
membaca bagi siswa untuk menghadapi kelas berikutnya, dan akan berpengaruh
terhadap prestasi belajar siswa. Hasil observasi di kelas, siswa kelas I mengalami
kesulitan dalam membaca.Dari 41 siswa terdapat 20 siswa bias membaca dengan
lancer dan 21 siswa lainnya masih mengeja. Untuk mengatasi kesulitan membaca
tersebut, diperlukan penggunaan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk
karena dengan media kartu kata dan gambar anak akan lebih tertarik untuk belajar.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses penerapan
penggunaan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk yang dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Sumber Pinang
03 ? (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I
SDN Sumber Pinang 03 setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media
kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk ?. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas
ini adalah untuk mendeskripsikan proses penggunaan media kartu kata dan gambar
disertai kata petunjuk yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan,
untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN
Sumber Pinang 03 setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media kartu kata
dan gambar disertai kata petunjuk.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat
tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, penamatan dan refleksi. Penelitian
viii
dilaksanakan di kelas I SDN Sumber Pinang 03. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan guru dan siswa, pedoman
wawancara, soal tes, RPP, biodata siswa dan daftar nilai ulangan harian | en_US |