• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA DAN GAMBAR DISERTAI KATA PETUNJUK SISWA KELAS I SDN SUMBER PINANG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    RIP HASANAH_001.pdf (141.7Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    RIP HASANAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membaca permulaan di kelas I SD merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa untuk menghadapi kelas berikutnya, dan akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil observasi di kelas, siswa kelas I mengalami kesulitan dalam membaca.Dari 41 siswa terdapat 20 siswa bias membaca dengan lancer dan 21 siswa lainnya masih mengeja. Untuk mengatasi kesulitan membaca tersebut, diperlukan penggunaan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk karena dengan media kartu kata dan gambar anak akan lebih tertarik untuk belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses penerapan penggunaan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Sumber Pinang 03 ? (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Sumber Pinang 03 setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk ?. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mendeskripsikan proses penggunaan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Sumber Pinang 03 setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, penamatan dan refleksi. Penelitian viii dilaksanakan di kelas I SDN Sumber Pinang 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan guru dan siswa, pedoman wawancara, soal tes, RPP, biodata siswa dan daftar nilai ulangan harian
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6165
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository