PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BELAJAR SISWA Kegiatan Pokok Ekonomi
Abstract
“Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Motivasi siswa dalam pembelajaran Ips Terpadu Ekonomi di SMP Negeri 2
Tapen masih cukup rendah. Selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran
tersebut juga masih belum memenuhi standar ketuntasan. Salah satu strategi
pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa adalah
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
Diharapkan dengan pembelajaran ini siswa tidak hanya menghafal saja tetapi
juga memahami konsep-konsep untuk meningkatkan ketrampilan proses berpikir
ilmiah siswa dalam mengkaitkan peristiwa yang dialami dengan kehidupan seharihari
dari materi kegiatan pokok ekonomi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas
vii
Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi siswa di kelas VIIC rendah
meskipun guru sudah membentuk mereka dalam kelompok belajar. Hal itu tampak
pada sikap siswa yang jarang bertanya, jarang menyampaikan pendapat, siswa susah
diajak untuk menemukan masalah dan memecahkannya dan enggan terlibat dalam
merangkum materi sehingga terlihat bahwa siswa kurang berminat dalam
pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think
Pair Share
Pembelajaran pada siklus II diikuti oleh 32 siswa, jumlah skor rata-rata
motivasi siswa pada siklus II lebih tinggi bila dibandingkan siklus I yaitu sebesar 3.3
dan siklus II sebesar 4.14, motivasi siswa siklus II termasuk kategori tinggi.
Peningkatan motivasi siswa di ikuti peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan ratarata
nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 77.65 dan secara klasikal
mencapai 84.37% yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan.