• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BELAJAR SISWA Kegiatan Pokok Ekonomi

    Thumbnail
    View/Open
    Muflihatul Hasanah - 070210301114_1.pdf (153.2Kb)
    Date
    2015-03-10
    Author
    Muflihatul Hasanah Ningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Motivasi siswa dalam pembelajaran Ips Terpadu Ekonomi di SMP Negeri 2 Tapen masih cukup rendah. Selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar ketuntasan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Diharapkan dengan pembelajaran ini siswa tidak hanya menghafal saja tetapi juga memahami konsep-konsep untuk meningkatkan ketrampilan proses berpikir ilmiah siswa dalam mengkaitkan peristiwa yang dialami dengan kehidupan seharihari dari materi kegiatan pokok ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas vii Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi siswa di kelas VIIC rendah meskipun guru sudah membentuk mereka dalam kelompok belajar. Hal itu tampak pada sikap siswa yang jarang bertanya, jarang menyampaikan pendapat, siswa susah diajak untuk menemukan masalah dan memecahkannya dan enggan terlibat dalam merangkum materi sehingga terlihat bahwa siswa kurang berminat dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think Pair Share Pembelajaran pada siklus II diikuti oleh 32 siswa, jumlah skor rata-rata motivasi siswa pada siklus II lebih tinggi bila dibandingkan siklus I yaitu sebesar 3.3 dan siklus II sebesar 4.14, motivasi siswa siklus II termasuk kategori tinggi. Peningkatan motivasi siswa di ikuti peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan ratarata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 77.65 dan secara klasikal mencapai 84.37% yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61658
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository