Show simple item record

dc.contributor.authorFuyi Nadya M
dc.date.accessioned2015-03-10T09:45:46Z
dc.date.available2015-03-10T09:45:46Z
dc.date.issued2015-03-10
dc.identifier.nimNIM070210391158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61653
dc.description.abstractAnalisis Tanggapan 4 Toko Tradisional Pada Waralaba Indomaret/Alfamart (Toko Modern) di Area Kampus Universitas Jember, Fuyi Nadya Megawati, 070210391158, 2014, 82 hlm, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Toko tradisional adalah sebuah usaha yang dimiliki oleh perorangan yang memperjualbelikan produk atau barang kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dengan cara yang masih sangat sederhana. Sedangkan waralaba Indomaret/Alfamart (toko modern) adalah suatu ritel modern yang memperjualbelikan produk atau barang langsung kepada konsumen yang dilengkapi dengan outlet dan fasilitas yang jauh lebih memadai bila dibandingkan dengan usaha para pedagang kecil. Adanya waralaba Indomaret/Alfamart yang semakin berkembang pesat di kota Jember sejak tahun 2006 tentu saja menimbulkan dampak tersendiri bagi para pedagang kecil, khususnya yang memiliki usaha disekitar berdirinya Indomaret/Alfamart tersebut. Pada akhirnya, fenomena yang terjadi ini menimbulkan suatu tanggapan atau respon baik negatif maupun positif dari para pedagang kecil dan masyarakat sekitar. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan atau respon yang diberikan oleh para pedagang kecil dan masyarakat yang ada disekitar waralaba Indomaret/Alfamart tersebut yang dtrunjukkan dengan sikap penolakan, suka atau tidak suka, pasrah pada keadaan, atau melakukan inovasi serta untuk mengetahui dampak yang terjadi pada keadaan para pedagang kecil sebelum dan sesudah berkembangnya waralaba Indomaret/Alfamart tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area. Untuk menentukan populasi vii penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan jumlah responden dalam penelitian ini dilakukan secara purposive yaitu yang secara sengaja menentukan atau mengambil sample responden pedagang kecil dan masyarakat yang ada di sekitar waralaba Indomaret/Alfamart yang ada di kawasan kampus Universitas Jember sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis secara deskriptif meliputi : menelaah seluruh data, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, mengkategorikan data, menentukan keabsahan data dan menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari adanya waralaba Indomaret/Alfamart yang ada di sekitar kampus Universitas Jember telah memberikan respon dan dampak kepada para pedagang kecil yang ada di sekitarnya. Respon atau tanggapan yang ditunujukkan yaitu ada yang menyatakan pasrah pada nasib, menyatakan penolakan dengan protes/unjuk rasa, serta ada yang melakukan inovasi baru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa munculnya waralaba Indomaret/Alfamart di sekitar kampus Universitas Jember telah memberikan dampak yang positif dan negatif kepada para pedagang kecil yang ada di sekitarnya. Dampak itu terlihat berbeda saat diamati dari sebelum dan sesudah adanya waralaba Indomaret/Alfamart tersebut. Ada pedagang yang mengalami kemunduran, ada pula pedagang yang mengalami kenajuan. Adapun saran yang dapat diberikan bagi permasalahan dalam penelitian ini yaitu agar pemerintah lebih cermat lagi dalam mengatur tatanan ijin usaha pendirian sebuah usaha waralaba agar keberadaannya tidak mengganggu usaha para pedagang kecil yang telah digeluti selama bertahun-tahun. Sedangkan bagi para pedagang kecil sendiri, janganlah usaha waralaba Indomart/Alfamart yang telah berkembang ini dijadikan pesaing, tetapi lebih baik dijadikan sebagai motivasi dan pemacu semangat agar lebih baik lagi dalam meningkatkan usaha kecilnya tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391158;
dc.subjectANALISIS TANGGAPAN 4 TOKO TRADISIONAL PADA WARALABA INDOMARET/ALFAMART (TOKO MODERN) DI AREA KAMPUS UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.titleANALISIS TANGGAPAN 4 TOKO TRADISIONAL PADA WARALABA INDOMARET/ALFAMART (TOKO MODERN) DI AREA KAMPUS UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record