ANALISIS TANGGAPAN 4 TOKO TRADISIONAL PADA WARALABA INDOMARET/ALFAMART (TOKO MODERN) DI AREA KAMPUS UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Analisis Tanggapan 4 Toko Tradisional Pada Waralaba Indomaret/Alfamart
(Toko Modern) di Area Kampus Universitas Jember, Fuyi Nadya Megawati,
070210391158, 2014, 82 hlm, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Jember.
Toko tradisional adalah sebuah usaha yang dimiliki oleh perorangan yang
memperjualbelikan produk atau barang kepada konsumen baik secara langsung
maupun tidak langsung dengan cara yang masih sangat sederhana. Sedangkan
waralaba Indomaret/Alfamart (toko modern) adalah suatu ritel modern yang
memperjualbelikan produk atau barang langsung kepada konsumen yang dilengkapi
dengan outlet dan fasilitas yang jauh lebih memadai bila dibandingkan dengan usaha
para pedagang kecil. Adanya waralaba Indomaret/Alfamart yang semakin
berkembang pesat di kota Jember sejak tahun 2006 tentu saja menimbulkan dampak
tersendiri bagi para pedagang kecil, khususnya yang memiliki usaha disekitar
berdirinya Indomaret/Alfamart tersebut. Pada akhirnya, fenomena yang terjadi ini
menimbulkan suatu tanggapan atau respon baik negatif maupun positif dari para
pedagang kecil dan masyarakat sekitar.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan atau respon yang
diberikan oleh para pedagang kecil dan masyarakat yang ada disekitar waralaba
Indomaret/Alfamart tersebut yang dtrunjukkan dengan sikap penolakan, suka atau
tidak suka, pasrah pada keadaan, atau melakukan inovasi serta untuk mengetahui
dampak yang terjadi pada keadaan para pedagang kecil sebelum dan sesudah
berkembangnya waralaba Indomaret/Alfamart tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi
penelitian menggunakan metode purposive area. Untuk menentukan populasi
vii
penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan jumlah
responden dalam penelitian ini dilakukan secara purposive yaitu yang secara sengaja
menentukan atau mengambil sample responden pedagang kecil dan masyarakat yang
ada di sekitar waralaba Indomaret/Alfamart yang ada di kawasan kampus Universitas
Jember sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
metode observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis secara deskriptif meliputi : menelaah seluruh data, mereduksi data, menyusun
data dalam satuan-satuan, mengkategorikan data, menentukan keabsahan data dan
menafsirkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari adanya waralaba
Indomaret/Alfamart yang ada di sekitar kampus Universitas Jember telah
memberikan respon dan dampak kepada para pedagang kecil yang ada di sekitarnya.
Respon atau tanggapan yang ditunujukkan yaitu ada yang menyatakan pasrah pada
nasib, menyatakan penolakan dengan protes/unjuk rasa, serta ada yang melakukan
inovasi baru.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa munculnya waralaba
Indomaret/Alfamart di sekitar kampus Universitas Jember telah memberikan dampak
yang positif dan negatif kepada para pedagang kecil yang ada di sekitarnya. Dampak
itu terlihat berbeda saat diamati dari sebelum dan sesudah adanya waralaba
Indomaret/Alfamart tersebut. Ada pedagang yang mengalami kemunduran, ada pula
pedagang yang mengalami kenajuan.
Adapun saran yang dapat diberikan bagi permasalahan dalam penelitian ini
yaitu agar pemerintah lebih cermat lagi dalam mengatur tatanan ijin usaha pendirian
sebuah usaha waralaba agar keberadaannya tidak mengganggu usaha para pedagang
kecil yang telah digeluti selama bertahun-tahun. Sedangkan bagi para pedagang kecil
sendiri, janganlah usaha waralaba Indomart/Alfamart yang telah berkembang ini
dijadikan pesaing, tetapi lebih baik dijadikan sebagai motivasi dan pemacu semangat
agar lebih baik lagi dalam meningkatkan usaha kecilnya tersebut.