• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN MRAWAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Rina Nur Alifiah Fitriani_001.pdf (173.9Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    Rina Nur Alifiah Fitriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menarik minat anak untuk belajar. Dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Mrawan 02, pada pembelajaran IPS guru sudah mengggunakan metode diskusi pada beberapa pokok bahasan. Namun hasil belajar siswa masih belum optimal. Berdasar hasil observasi di kelas IV diketahui bahwa metode diskusi yang digunakan hanya berupa diskusi tanpa adanya bimbingan dari guru. Kurangnya peran guru dalam membimbing jalannya diskusi menyebabkan tidak adanya pembagian tugas dalam kelompok. Selain itu guru juga kurang berperan dalam membimbing kelompok untuk mendapatkan informasi untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada dalam materi pembelajaran. Problem Based Instruction merupakan salah satu model pembelajaran yang dalam langkah-langkahnya menuntut guru untuk bertindak sebagai fasilitator dan konselor yang memberikan kritik yang membangun. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan dapat ditarik rumusan permasalahan bagaimanakah penerapan PBI yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran PBI pada pokok bahasan kenampakan alam. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran PBI serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBI.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6162
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository