PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN MRAWAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam
menunjang keberhasilan pendidikan. Model pembelajaran merupakan salah satu
faktor yang dapat menarik minat anak untuk belajar. Dengan menggunakan model
pembelajaran yang tepat, diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Mrawan 02, pada
pembelajaran IPS guru sudah mengggunakan metode diskusi pada beberapa
pokok bahasan. Namun hasil belajar siswa masih belum optimal. Berdasar hasil
observasi di kelas IV diketahui bahwa metode diskusi yang digunakan hanya
berupa diskusi tanpa adanya bimbingan dari guru. Kurangnya peran guru dalam
membimbing jalannya diskusi menyebabkan tidak adanya pembagian tugas dalam
kelompok. Selain itu guru juga kurang berperan dalam membimbing kelompok
untuk mendapatkan informasi untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang
ada dalam materi pembelajaran. Problem Based Instruction merupakan salah satu
model pembelajaran yang dalam langkah-langkahnya menuntut guru untuk
bertindak sebagai fasilitator dan konselor yang memberikan kritik yang
membangun. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan dapat ditarik
rumusan permasalahan bagaimanakah penerapan PBI yang dapat meningkatkan
hasil belajar siswa, serta bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah
menerapkan model pembelajaran PBI pada pokok bahasan kenampakan alam.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran PBI
serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran
PBI.