Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Retno Oktaviani
dc.date.accessioned2015-03-06T08:17:41Z
dc.date.available2015-03-06T08:17:41Z
dc.date.issued2015-03-06
dc.identifier.nimNIM100210402013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61595
dc.description.abstractTindak Berbahasa dalam Interaksi Jual Beli di Online Shop Kosmetik NINA; Dwi Retno Oktaviani; 100210402013; 2014; 81 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Bahasa digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari baik dalam acara formal maupun non formal. Penggunaan bahasa dalam kehidupan manusia adalah sebagai alat komunikasi. Berbekal hasil teknologi yang telah dikembangkan oleh manusia mereka mampu berkomunikasi jarak jauh. Salah satu teknologi komunikasi jarak jauh yang sangat dekat dengan kehidupan manusia ialah internet dan handphone. Kehadiran teknologi internet pada handphone melahirkan komunikasi yang khas. Salah satu bentuk komunikasi yang khas terjadi pada bidang perdagangan. Bidang perdagangan pada internet ini berhubungan dengan online shop. Istilah online shop dalam bahasa Indonesia adalah toko yang menjual barang melalui internet. Adanya peristiwa ini telah memunculkan kebiasaan baru masyarakat pengguna handphone berbasis internet yaitu belanja online. Dalam online shop pembeli dan penjual tidak saling bertemu di tempat perbelanjaan. Mereka melakukan transaksi pembayaran melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Kehadiran online shop di dalam masyarakat saat ini memudahkan mereka dalam berbelanja. Mereka tak perlu datang ke tempat perbelanjaan. Cukup berbekal handphone berbasis internet mereka bisa berbelanja di manapun mereka berada. Keunikan yang terjadi dalam peristiwa ini adalah interaksi jual beli yang dilakukan oleh orang yang tak saling kenal. Selain itu mereka berkomunikasi tanpa bertatap muka secara langsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mencakup: 1) jenis tindak bahasa apa sajakah yang digunakan dalam interaksi jual beli di online shop kosmetik NINA? 2) bagaimanakah bentuk tindak bahasa dalam interaksi jual beli di online shop kosmetik NINA? 3) apakah fungsi tindak bahasa dalam interaksi jual beli di online shop kosmetik NINA? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan temuan tentang : 1) Jenis tindak bahasa yang digunakan dalam interaksi jual beli di online shop NINA Kosmetik. 2) Bentuk tindak bahasa dalam interaksi jual beli di online shop kosmetik NINA. 3) Fungsi tindak bahasa dalam interaksi jual beli di online shop kosmetik NINA. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan, dokumentasi, wawancara, dan perekaman. Analisis data yang dilakukan terdiri atas empat proses yaitu penyeleksian data, pemeriksaan data, penglasifikasian data dan pengodean data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak bahasa dalam interaksi jual beli di online shop kosmetik NINA meliputi: 1) tindak lokusi, 2) tindak ilokusi. Pada tindak ilokusi terdapat 5 jenis tindak ilokusi sesuai dengan maksud tuturan yaitu : asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklaratif, serta 3) tindak perlokusi. Bentuk tuturan yang digunakan dalam interaksi jual beli di online shop kosmetik NINA terdiri atas : tindak bahasa menyatakan, tindak bahasa mengakui, tindak bahasa memberitahu, tindak bahasa menyebutkan, tindak bahasa mengemukakan pendapat, tindak bahasa mengungkapkan alasan, dan tindak bahasa menunjukkan sesuatu. Fungsi tindak bahasa dalam interaksi jual beli di online shop kosmetik NINA terdiri atas : fungsi kompetitif (competitive), fungsi menyenangkan (convivial), fungsi bekerja sama (collaborative). Dalam jenis tindak bahasa, bentuk tindak bahasa dan fungsi tindak bahasa tersebut terdapat penanda yang berfungsi sebagai penjelas fungsi tindak bahasa pada suatu tuturan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diajukan saran: 1) bagi guru bahasa Indonesia, hasil penelitian ini disarankan menjadi bahan referensi pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia, 2) bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini disarankan menjadi bahan perkuliahan, khususnya mata kuliah pragmatik. 3) bagi peneliti tindak bahasa selanjutnya, hasil penelitian ini disarankan dapat menjadi bahan acuan untuk dikembangkan lebih lanjut berkaitan dengan kajian pragmatik, khususnya penelitian tentang tindak bahasa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402013;
dc.subjectTINDAK BERBAHASA DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI ONLINE SHOP KOSMETIK NINAen_US
dc.titleTINDAK BERBAHASA DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI ONLINE SHOP KOSMETIK NINAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record