PENERAPAN MODEL K.U.A.S.A.I (KERANGKA PIKIRAN, URAIKAN FAKTANYA, APA MAKNANYA, SENTAKKAN INGATAN, AJUKAN YANG DIKETAHUI, INTROSPEKSI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONSARI 01 LUMAJANG DALAM PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus
diupayakan pemerintah. Salah satu upaya untuk meningkatkan keberhasilan mutu
pendidikan khususnya keberhasilan belajar siswa adalah memperbaiki proses
pengajaran. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPA yang dilakukan di
kelas V SDN Kebonsari 01 Lumajang, pembelajaran yang dilaksanakan adalah (a)
guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa ada inovasi, guru tidak
menggunakan metode lain yang dapat menarik minat siswa untuk belajar lebih aktif
di kelas, (b) siswa merasa tegang ketika proses pembelajaran berlangsung.
Rendahnya aktivitas siswa yang dicapai dapat berdampak pada hasil belajar siswa
yang rendah. Hasil belajar siswa yang dicapai kelas V SDN Kebonsari 01 Lumajang
dapat dilihat dari hasil ulangan harian. Hasil ulangan harian menunjukkan dari 33
siswa kelas V, terdapat 20 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar individual
atau sekitar 60,6%. Hasil observasi diatas menunjukkan bahwa diperlukan model
pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah penerapan model
K.U.A.S.A.I pada pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar, (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran
IPA melalui model K.U.A.S.A.I, dan (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I. Tujuan penelitian adalah
menerapkan model K.U.A.S.A.I pada pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan
viii
aktivitas dan hasil belajar, meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam
pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I, dan meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I.