• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL K.U.A.S.A.I (KERANGKA PIKIRAN, URAIKAN FAKTANYA, APA MAKNANYA, SENTAKKAN INGATAN, AJUKAN YANG DIKETAHUI, INTROSPEKSI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONSARI 01 LUMAJANG DALAM PEMBELAJARAN IPA

    Thumbnail
    View/Open
    RESTIKA OKTAVINA_001.pdf (641.0Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    RESTIKA OKTAVINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus diupayakan pemerintah. Salah satu upaya untuk meningkatkan keberhasilan mutu pendidikan khususnya keberhasilan belajar siswa adalah memperbaiki proses pengajaran. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 01 Lumajang, pembelajaran yang dilaksanakan adalah (a) guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa ada inovasi, guru tidak menggunakan metode lain yang dapat menarik minat siswa untuk belajar lebih aktif di kelas, (b) siswa merasa tegang ketika proses pembelajaran berlangsung. Rendahnya aktivitas siswa yang dicapai dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Hasil belajar siswa yang dicapai kelas V SDN Kebonsari 01 Lumajang dapat dilihat dari hasil ulangan harian. Hasil ulangan harian menunjukkan dari 33 siswa kelas V, terdapat 20 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar individual atau sekitar 60,6%. Hasil observasi diatas menunjukkan bahwa diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah penerapan model K.U.A.S.A.I pada pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I, dan (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I. Tujuan penelitian adalah menerapkan model K.U.A.S.A.I pada pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan viii aktivitas dan hasil belajar, meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6159
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository