PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PATOKAN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Peningkatan Aktvitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA
Materi Pokok Energi Panas dan Bunyi Melalui Metode Eksperimen dengan
Menggunakan Media Peta Konsep Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Patokan
Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013”; Nita Dwi Lestari; 070210204295; 2013:
52 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pembelajaran di SDN 4 Patokan masih menerapkan metode konvensional
yang mengakibatkan pembelajaran bersifat monoton sehingga suasana
pembelajaran kurang kondusif. Siswa kurang memahami materi yang diajarkan
dan hasil belajar siswa tidak berjalan secara maksimal, sehingga berdampak pada
rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah : bagaimanakah peningkatan aktvitas dan hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran IPA materi pokok energi panas dan bunyi melalui metode eksperimen
dengan menggunakan media peta konsep pada siswa kelas IV SDN 4 Patokan
Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013”?. Penelitian ini bertujuan : untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Patokan Situbondo
pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 4
Patokan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo, pada semester genap tahun
pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4
Patokan sejumlah 23 orang siswa. Pelaksanaan pembelajaran dimulai tanggal 11
sampai 20 Januari 2012. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan metode
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Rancangan penelitian dilakukan
dengan menggunakan siklus model dari Hopkins. Data dianalisis menggunakan
deskriptif dari hasil observasi dan wawancara.
x
Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh aktivitas pada siklus I sebesar 70%
dan pada siklus II meningkat menjadi 87 %. Apabila disesuaikan dengan kriteria
aktivitas siswa tergolong kategori sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar siklus
I sebesar 65,21% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,95%s Dari hasil
perhitungan tersebut menunjukkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
menggunakan media peta konsep pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi
panas dan bunyi maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Patokan
Kecamatan Situbondo akan meningkat.Saran dari penelitian ini adalah dengan
adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, setidaknya metode
eksperimen dengan menggunakan media peta konsep dapat dijadikan alternatif
dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA di sekolah.